Jalan Kasongan-Kereng Pangi Berlobang dan Bahayakan Pengendara

CANALBERITA.COM – Kondisi jalan lalu lintas darat Kasongan menuju Kereng Pangi sangat membahayakan para pengendara motor maupun pengemudi mobil yang ingin bepergian. Pasalnya, disepanjang jalan lintas provinsi menghubungkan antar kabupaten tersebut banyak terdapat jalan yang berlombang.

Faktanya banyak para pengendara motor mengalami kecelakaan tunggal karena mengindari maupun menabrak lombang-lombang yang mengangga di sepanjang kiri dan kanan jalan, baik itu dari arah Kasongan maupun dari arah Kereng Pangi.

Dari pengakuan seorang laki-laki pengendara sepeda motor berinisial AS mengakui bahwa dirinya pada Sabtu 2 April 2022 sore, telah mengalami kecelakaan tunggal akibat menambrak sebuah lobang sekitar Km 6 dari arah Kasongan ke Kereng Pangi.

Tahapan Pilkada 2024

Benar, kemarin saya mengalami kecelakaan tunggal pak. Dari Kasongan mau jemput anak dan istri, namun saat itu terjadi kecelakaan. Beruntung ada warga setempat membatu atau menolong. Dari kecelakaan itu motor rusak dibagian kanan dan saya mengalami luka-luka serta memar disekujur tubuh,” jelas AS, Selasa 5 April 2022.

AS, mengatakan tidak hanya dirinya saja yang mengalami hal demikian, ternyata banyak juga pengendara lainnya mengalami musibah yang sama. Dengan demikian ia berharap kepada pihak terkait agar segera melakukan perbaikan jalan yang berlombang tersebut. Meskipun jalan itu kewenangan dari Pusat atau Provinsi, maka seharusnya pihak Kabupaten juga bisa berkontribusi untuk melakukan perbaikan segera.

Dirinya mengungkapkan jalan tersebut sebelumnya sudah berlombang dan kembali dilobangi dengan pola kotak atau segi empat, lalu ditambal dengan material batu-batu kecil. Namun belum di aspal oleh dinas terkait sekira awal bulan Maret tahun 2022. Kemudian, hingga bulan April 2022 ini lombang yang membahayakan para pengendara sampai saat ini belum di tambal sulam bahkan dibiarkan saja. Sehingga akhirnya, sering memakan korban.

Semoga ini menjadi perhatian dari pihak terkait. Sekali lagi kami berharap agar segera diperbaiki. Jangan sampai nunggu adanya korban meninggal baru mau diperbaiki, terkadang sering seperti itu,” tegasnya.

Berkaitan dengan hal tersebut, pada Selasa 5 April 2022, beritasampit.co.id langsung ke lapangan melihat kondisi jalan Kasongan-Kereng Pangi. Dari pantauan terdapat puluhan titik lobang segi empat dari Kasongan-Kereng pangi yang belum ditambal sulam ditambah lagi ada perbaikan gorong-gorong atau  Box Culvert di Km 1 dan di Km 4.

Terlihat juga banyak pengemudi mobil sering mengambil jalur kanan saat dari Kasongan ke Kereng Pangi, dengan alasan mengindari jalan yang berlombang. Hal inilah biasanya diduga akan terjadi sebuah kecelakaan.

Namun, saat dilapangan juga mulai ada perbaikan jalan berlombang secara bertahap di sekitar tikungan sebelum jembatan telaga Km 2 oleh Dinas Pekerjaan Umum, selasa 5 April 2022 sekira pukul 14.00 Wib. (BS/CNB)