Anggota Koramil Manuhing Kawal Penyaluran BLT DD

CANALBERITA.COM – Babinsa Koramil 1016-04/Manuhing, Peltu Edi Irawan dan Serda Yendisfirie melaksanakan pendampingan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Tahap 1-3 Tahun 2022, dilaksanakan di Kantor Desa Tumbang Mantuhe, Kecamatan Manuhing Raya, Kabupaten Gunung Mas, Selasa 05 April 2022.

Dalam acara penyaluran BLT-DD tersebut dihadiri Kasi Ekowasbang Kecamatan Manuhing Raya, Subardi, Kepala Desa Tumbang Mantuhe Darsilo, Wakil Ketua BPD Nyalung, Danramil 1016-04 Manuhing diwakili Babinsa Peltu Edi Irawan, Kapolsek Manuhing diwakili Bhabinkamtibmas Briptu Hendrawan Pratikno, Pendamping Desa Kecamatan Manuhing Raya, serta warga masyarakat penerima BLT Dana Desa sejumlah 95 orang.

Dalam kesempatan itu, Peltu Edi Irawan mengatakan, kehadirannya dalam penyerahan BLT-DD tahap I, II dan III tahun 2022 tersebut adalah untuk ikut serta mengawasi dan mendampingi penyaluran bantuan kepada masyarakat yang berhak menerima.

“Kepada seluruh masyarakat yang telah menerima bantuan tersebut agar bantuan yang diterima dapat digunakan secara bijak dan seperlunya,” imbuh Edi Irawan.

Sementara itu, Kades Tumbang Mantuhe Darsilo menuturkan, pembagian BLT DD tersebut merupakan bentuk tanggung jawab pemerintah desa mengacu kepada Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia tentang prioritas penggunaan dana desa.

Ia menambahkan, bahwa pembagian BLT- DD tahap I, II dan III pembagiannya sangat transparan dan diberikan kepada warga yang memang layak mendapatkannya sesuai dengan hak mereka yang telah diatur oleh pemerintah baik pemerintah pusat ataupun pemerintah daerah.

“Adapun besarnya bantuan berupa uang Rp 300 ribu/bulan selama tiga bulan. Untuk pencairan berikutnya, juga diupayakan pada Juni 2022, sehingga per triwulan warga penerima manfaat bisa mencair BLT DD sesuai ketentuan yang berlaku,” tuturnya. (CNB1/*)