Ratusan WBP Rutan Palangka Raya Ikuti Vaksin Booster

CANALBERITA.COM – Dalam menjamin kesehatan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) terlebih pada masa Covid-19, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Palangka Raya bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kereng Bangkirai melaksanakan vaksinasi booster, Kamis 31 Maret 2022 pagi.

Sebagaimana disampaikan Kepala Rutan Palangka Raya, Suwarto, vaksinasi booster ini diperlukan untuk menghadapi lonjakan ketiga Covid-19 khususnya varian omicron yang sudah terjadi dibeberapa daerah di Indonesia.

Oleh sebab itu, vaksin booster ini sangat diperlukan, terutama bagi WBP dan pegawai yang harus melaksanakan pembinaan dan melaksanakan tugas dilapangan.

“Kesehatan adalah yang terpenting, agar dapat menjalankan aktivitas dan dapat menjalankan tugas dan memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat,” ucap Suwarto.

Total yang mengikuti vaksinasi Covid-19 berjumlah 199 orang. Dengan rincian sebagai berikut, yakni vaksin pertama dewasa 17 orang, Booster dewasa 147 orang dan booster lansia sebanyak 35 orang.

Selain melalui vaksinasi booster, Rutan Palangka Raya telah melakukan berbagai langkah untuk mencegah penyebaran Covid-19 diantaranya adalah dengan menyiapkan tempat cuci tangan dan hand sanitizer, penerapan penggunaan aplikasi Peduli Lindungi bagi pegawai atau pengunjung yang datang ke Rutan.

“Kemudian jangka waktu tertentu kami membagikan masker untuk mereka, berbagai jenis vitamin serta swab PCR rutin dilakukan. Pelayanan kunjungan yang ada dialihkan dengan metode online untuk mengurangi intensitas pertemuan tatap muka,” ucap Kepala Rutan Palangka Raya.

Ditempat yang sama, Hadianto selaku Kepala Pelayanan Tahanan mengatakan, seluruh kegiatan vaksinasi Covid-19 di Rutan Kelas IIA Palangka Raya berjalan dengan aman dan sesuai dengan protokol kesehatan.

“Kepala Rutan sangat peduli dengan kesehatan WBP, sehingga belum terus berkoordinasi dengan dinas terkait agar WBP sama seperti masyarakat di luar mendapat vaksin pertama hingga ketiga. Kita berharap WBP ini tetap dalam keadaan sehat setelah divaksin,” tuturnya. (CNB1)