Bartim Akan Bangun Jaringan Listrik di Empat Desa

CANALBERITA.COM – Pemerintah Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, akan membangun jaringan listrik yang dapat dinikmati masyarakat pada empat desa di daerah setempat tahun ini.

Empat desa yang diupayakan akan dibangun jaringan listrik secara berkelanjutan yakni Desa Gandrung Kecamatan Paku, Desa Putut Tawuluh Kecamatan Karusen Janang, Desa Muara Awang Kecamatan Dusun Tengah dan Desa Kalinapu Kecamatan Paju Epat.

Tahun ini kami berupaya membangun jaringan listrik di empat desa pada beberapa kecamatan,” kata Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas, dikutip dari Antara, Sabtu 26 Februari 2022.

Tahapan Pilkada 2024

Akses penerangan dibuka untuk keempat desa itu merupakan komitmen Pemkab Barito Timur agar semua desa bisa menikmati energi listrik seperti desa atau daerah lainnya.

Pembangunan yang memenuhi kebutuhan energi listrik merupakan upaya dan bentuk komitmen pemkab dalam meningkatkan hajat hidup masyarakat setempat secara berkelanjutan,” katanya.

Dijelaskan Ampera, dalam pembangunan yang dilakukan selama ini, mengutamakan kebutuhan hajat orang banyak. Pembangunan itu seperti infrastruktur jalan, jembatan hingga jaringan listrik tanpa mengabaikan sektor kesehatan dan pendidikan.

Dicontohkannya, pembangunan seperti infrastruktur jalan poros penghubung ke desa-desa di Barito Timur untuk membuka akses transportasi darat sehingga tidak ada desa yang terisolir. Saat ini semua warga bisa dengan mudah ke desa-desa melalui jalur darat.

Kami menginginkan pembangunan yang dilaksanakan Pemkab Barito Timur dirasakan manfaatnya secara langusng oleh masyarakat,” kata Bupati Barito Timur dua periode itu.

Untuk diketahui, warga Desa Gandrung sebelumnya bisa menikmati energi listrik namun terbatas setelah menerima manfaat dari proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2015. (BS/CNB)