Hasil Survei Elektabilitas Partai Terbaru, Parpol Besar Ini Tergeser ke Papan Tengah

CANALBERITA.COM – Lembaga survei Polmatrix Indonesia menyampaikan hasil survei elektabilitas partai politik terbaru. Menjelang Pemilihan Umum 2024, PDIP ternyata masih menjadi partai dengan elektabilitas tertinggi.

Melansir Antaranews.com, partai yang dipimpin oleh Megawati Soekarnoputri itu menempati urutan teratas dengan skor 15,8 persen.

Mengekor dibelakangnya ialah Partai Gerindra di peringkat kedua dengan skor 11 persen, PKB 9,4 persen, Partai Demokrat 9 persen, PKS 5,7 persen.

Selanjutnya ialah PSI 5,2 persen, NasDem 5 persen, Golkar 4,7 persen,PPP 2,5 persen, dan Partai Ummat 1,5 persen.

PAN berada di urutan selanjutnya dengan perolehan 1,2 persen, disusul partai Gelora dengan perolehan 1 persen.

Sementara itu, Perindo, Berkarya, Hanura, PBB, PKPI, dan partai Garuda masuk ke dalam daftar parpol dengan perolehan di bawa satu persen.

Direktur Eksekutif Polmatrix Indonesia Dendik Rulianto, menyoroti Partai Golkar yang digeser oleh NasDem. Dengan demikian Golkar masuk ke parpol papan tengah.

“Golkar tersalip oleh NasDem, sementara PDIP tetap unggul, dan PSI stabil,” ujar Dendik dalam keterangannya, Minggu (5/12/2021).

Dari hasil survei tersebut, Dendik menilai kemungkinan akan ada dua poros kekuatan politik yang kuat, yaitu PDIP-Gerindra dan NasDem.

Menurut Dendik, PDIP memiliki stok calon presiden yang cukup banyak, antara lain Ketua DPR RI Puan Maharani, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Sedangkan Partai Gerindra memiliki dua calon kuat, yaitu Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri Ekonomi dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. 

Survei ini digelar oleh Lembaga survei Polmatrix Indonesia pada 21-30 November 2021. Salah satu yang menjadi output survei adalah tingkat elektabilitas partai politik jelang pilpres 2024.

Survei ini melibatkan 2.000 responden yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia. Para responden ini tentunya memiliki hak pilih pada pemilu 2024 mendatang.

(sumber: suara.com)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.