Sales Provider Tipu Korban Ratusan Juta, Uang Digunakan Untuk Beli Motor

CANALBERITA.COM – Ingin mendapatkan pundi-pundi uang secara instans, seorang pemuda berinisial AP (27) warga Mendawai Seberang, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) diringkus polisi.

Dalam press release yang disampaikan Kapolres Kobar, AKBP Devy Firmansyah mengatakan, pelaku merupakan seorang sales provider three diamankan lantaran melakukan penipuan terhadap korban hingga dirugikan ratusan juta rupiah.

“Modus operansinya, pelaku menawarkan voucer paket data ke salah satu counter yang berada di Kecamatan Pangkalan Banteng yang tidak lain adalah milik korban,” ujar Kapolres Kobar, AKBP Devy Firmansyah saat melaksanakan press release, Senin 8 November 2021.

Devy menambahkan, korban tergiur dengan iming-iming pelaku dengan sedikit harga miring sehinggi memesan voucer fisik sebanyak 180 box kepada pelaku secara bertahap yang dapat digunakan setelah tiga bulan kemudian.

Namun, setelah tiga bulan voucer data yang dibeli korban dari pelaku tidak dapat digunakan atau isinya kosong. Akibatnya, korban mengalami kerugian senilai Rp 780 juta rupian
“Setelah kami lakukan pemeriksaan, bahwa voucer tersebut sebelum dilakukan penyerahan kepada pemesan harus diisi ulang oleh perusahaan terlebih dahulu namun tidak dilaksanakan oleh pelaku,” tambah Kapolres.

Selain itu, uang hasil penipuan tersebut digunakan oleh pelaku untuk membeli dua unit motor serta habis digunakan untuk berbisnis di aplikasi treding via online.

Saat ini, pelaku berikut barang bukti sudah diamankan Polres Kobar guna pemeriksaan lebih lanjut. Guna memepertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 378 KUH Pidana. (CNB1)