Pembobol Rumah Kosong Viral di Medsos Akhirnya Ditangkap Polsek Kurun

PALANGKA RAYA,CanalBerita-Terduga pelaku pembobol rumah kosong berinisial AI (29) yang sempat viral di media sosial akhirnya berhasil ditangkap oleh tim gabungan Satreskrim Polres Gunung Mas dan Polsek Kurun, pada Sabtu, 30 Maret 2024 sekitar pukul 19.00 WIB.

Kapolres Gunung Mas AKBP Theodorus Priyo Santosa, S.I.K melalui Kasatreskrim Polres Gunung Mas AKP NUR RAHIM, S.I.K., S.H., M.H yang di wakili Kapolsek Kurun Ipda Muhammad Fajar Sidiq, S.Tr.K  membenarkan penangkapan tersebut.

Menurut Kapolsek Kurun,  keberhasilan tim menangkap AI  berawal dari informasi masyarakat. Dari informasi tersebut tim mendatangi  tempat kejdian perkara (TKP) yang berlokasi di jalan Yos Sudarso, Kuala Kurun, Kecatan Kurun, Kabupaten Gunung MAS, Kalimantan Tengah.

“Pelaku di amankan dari  rumahnya beserta barang bukti.  Sebelumnya pelaku sempat memasuki rumah warga yang ditinggal pemiliknya, namun pelaku terkejut setelah sadar dirinya terpantau melalui CCTV dan warga wang berdatangan.” ungkap Kapolsek, Senin, 1 April 2024.

Lebih lanjut Kapolsek membeberkan, pelaku melakukan tindak pidana pencurian saat rumah warga di tinggal dalam keadaan kosong. “Hingga saat ini kami masih melakukan pengembangan atas perbuatan pelaku,” ucapnya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku yang kini sudah ditetapkan sebagai tersangka di dijerat dengan Pasal 363 KUHP dengan ancaman 7 tahun penjara.

Untuk mencegah hal serupa, Kapolsek Kurun mengimbau kepada masyarakat di Kuala Kurun saat bepergian apalagi meninggalkan rumah dalam keadaan kosong, sebaiknya diberitahukan kepada tetangga, Ketua RT, maupun kantor Polisi terdekat.

“Bagi masyarakat jika mengetahui, melihat ataupun mengalami tindakan serupa jangan segan melapor ke kantor Polisi terdekat,” imbaunya.

Penulis: cnb
Editor: alfrid u gara