Gunakan Pakaian Adat, Kapolda Pimpin Apel Sumpah Pemuda ke-93

CANALBERITA.COM – Memperingati hari sumpah pemuda ke-93, Polda Kalteng menggelar upacara kebangsaan yang bertempat di Lapangan Barigas Mapolda Kalteng, Kamis (28/10/2021) pukul 08.00 WIB.

Menggunakan pakaian adat Dayak, Kapolda Kalteng Irjen PolD Dedi Prasetyo sebagai inspektur upacara. Yang mana juga dihadiri oleh Sekda Kalteng Drs H Nur Yakin, Kasrem 102 Panju Panjung Kolonel Czi Wakhyono, pejabat utama Polda Kalteng serta diikuti oleh 22 organisasi masyarakat di Palangka Raya.

Selain menggunakan pakaian adat, jenderal bintang dua ini juga menggunakan pusaka khas Dayak yaitu Mandau.

Dalam upacara kali ini, Kapolda Kalteng juga memberikan penghargaan kepada 22 organisasi masyarakat serta memberikan penghargaan kepada personel Polda Kalteng yang berprestasi dalam PON XX Papua sebagai pelatih dan atlet Provinsi Kalteng.

“Upacara ini adalah salah satu penghormatan kepada para pejuang bangsa yang gugur mempertahankan bangsa Indonesia ini. Selain itu bertujuan mempererat persatuan dan kesatuan dengan filosofi Huma Betang,” ucap Irjen Dedi Prasetyo.

“Semoga dengan adanya kegiatan seperti ini dapat menciptakan kerukunan antar umat beragama dan suku di Kalimantan Tengah sehingga kebersamaan selalu terjadi di bumi tambun Bungai tercinta ini,” tambahnya.

Ditempat yang sama, Kabid Humas Polda Kalteng Kombes Pol K Eko Saputro menambahkan, setelah upacara kegiatan dilanjutkan dengan pendistribusian bantuan sembako yang diserahkan kepada organisasi masyarakat dimana mereka yang akan mendistribusikannya secara langsung serta dilanjutkan dengan defile. (CNB1)