Bantu Ringankan Beban Masyarakat, Pemkab Gumas Salurkan Bansos untuk Korban Banjir

CANALBERITA.COM – Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong didampingi Wakil Bupati Efrensia LP Umbing menyerahkan langsung Bantuan Sosial (Bansos), diantaranya berupa beras dan paket sembako secara simbolis kepada warga desa Kecamatan Miri Manasa.

Bupati menjelaskan, ketersediaan paket bahan pokok kepada masyarakat terdampak banjir, yang tersebar di seluruh Kecamatan Kabupaten Gunung Mas (Gumas) yaitu ada 3.661 dan beras sebanyak 37.690 Kg.

“Jumlah warga yang terdampak banjir di Kecamatan Miri Manasa ada 219 Kepala Keluarga (KK), yang tersebar di satu kelurahan dan empat desa,” ucap Jaya, Sabtu (02/10/2021).

Dirinya mengatakan, jumlah kepala keluarga yang terdampak banjir di Kelurahan Tumbang Napoi ada 124 KK, Desa Tumbang Masukih 33 KK, Desa Tumbang Hatung 17 KK, Tumbang Manyoi 12 KK dan Desa Mangkuhung sebanyak 27 KK. “Jadi jumlah paket sembako 213 dan beras 2.349,2 kg,” ujarnya.

Jaya berharap, dengan bantuan ini dapat meringankan beban warga yang terdampak banjir di wilayah Kecamatan Miri Manasa.

Disamping penyerahan Bansos, Bupati juga mensosialisakan tentang vaksinasi, Covid-19, hal ini dilakukan untuk mendukung Gumas merdeka dari Covid-19.
“Ini salah satu upaya kita bersama untuk mendukung Kabupaten Gunung Mas segera merdeka dari Covid -19. Saya berharap, masyarakat Tumbang Napoi dapat berperan aktif ikut serta pelaksanaan vaksinasi dan sadar akan kesehatan diri sendiri dan orang sekitarnya,” ujarnya.

Jaya menerangkan, masyarakat tidak perlu untuk takut divaksin karena, jenis vaksin sudah melewati uji klinis dan halal.

Ia menyampaikan kepada masyarakat yang belum divaksin, agar segera mendatangi puskesmas terdekat atau rumah sakit supaya dapat divaksin. “Saya katakan, kita harus jujur kepada petugas kesehatan apabila ada keluhan penyakit,” tukasnya.

(CNB1)