PDAM Tirta Barito Bangun WTP, 50 Liter Perdetik air Bersih

canalberita.com — Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Barito Kabupaten Barito Selatan (Barsel) membangun Water Treatment Plant (WTP) untuk menampung 50 liter air bersih dan pembangunan tersebut bersumber dari dana pusat yakni Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Pembangunan WTP tersebut tentunya, untuk memberikan pelayanan yang lebih maksimal lagi serta untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi pelanggan PDAM Tirta Barito,” kata Direktur PDAM Tirta Barito Rona C Laki kepada beritasampit.co.id saat ditemui diruang kerjanya Senin, 30 Agustus 2021.

Dikatakannya, untuk secara keseluruhannya pembangunan WTP ini memiliki dua tahapan dalam pembangunannya adapun tahapan pertama kita telah menyelesaikan fisik dari tempat penampungan air ini.

“Sedangkan untuk tahapan kedua dalam pembangunannya, mencakup isi di dalam WTP yang akan beroperasi untuk menampung serta menghasilkan air bersih,”Katanya.

Pengerjaan ini juga kata Rona C Laki, dikerjakan oleh Dinas Pekerjaaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Barsel hal tersebut memang ranahnya sebagai pelaksana dilapangan.

Dengan dibangunnya WTP ini, dapat dipastikan bisa menampung air bersih 50 liter per detik dan bisa memenuhi sebanyak empat ribu hingga lima ribu pelanggan.

“Sehingga, bisa memenuhi akan kebutuhan air bersih bagi pelanggan PDAM Tirta Barito,”Jelasnya.

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Barsel Eddy Purwanto menambahkan, dengan adanya sarana prasarana yang akan dibangun lebih besar ini kita harapkan dapat memberikan ketersediaan air bersih di kota buntok dan sekitarnya.

Sebagai penasehat PDAM Tirta Barito, kita juga sudah meninjau secara langsung pembangunannya semoga dengan dibangunnya WTP ini dapat mengakomodir pelanggan yang belum terakomodir.

“Sedangkan untuk pembangunan tahap kedua, akan segera dilakukan dan secepatnya akan dioperasikan,”tukas Eddy Purwanto.

 

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Canal Berita dengan Berita Sampit. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Berita Sampit.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.