Pemkab PPU Akan Bangun Tower Lebih Tinggi dari Monas, Biayanya Rp 150 M

canalberita.com — Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (Pemkab PPU) berencana membangun Tower Penajam yang tingginya melebihi Monumen Nasional (Monas) Jakarta. Tower Penajam diperkirakan membutuhkan biaya sekitar Rp 150 miliar.

Dilansir Antara, disebutkan Tower Penajam yang bakal dibangun di kawasan stadion tersebut tingginya sekitar 150 meter. Sedangkan tinggi Tugu Monas di Jakarta sekitar 132 meter.

Pembangunan Tower Penajam yang diperkirakan menelan anggaran ratusan miliar rupiah itu juga menjadi sorotan masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim). Warga menyorot karena saat ini kondisi keuangan pemerintah kabupaten setempat sedang tidak baik.

“Pembangunan tower adalah kewenangan pemerintah kabupaten, tapi dengan kondisi keuangan saat ini diutamakan yang bersifat prioritas,” ujar Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten PPU, Jon Kenedi, seperti dilansir Antara, Senin (30/8/2021).

Pemkab PPU diminta fokus pada kegiatan yang dapat dilaksanakan sesuai ketersediaan anggaran di kas daerah.

Jon Kenedi mengatakan pembangunan Tower Penajam baru rencana sehingga rencananya pembangunannya harus melihat kondisi keuangan yang tersedia di kas Pemkab PPU.

“Kalau anggaran tidak memadai jangan dipaksakan, karena masih membutuhkan dana untuk membiayai kegiatan lainnya yang prioritas,” jelas Jon Kenedi.

 

Penjelasan Pemkab PPU

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten PPU, Edi Hasmoro, menyatakan pembangunan Tower Penajam diperkirakan membutuhkan anggaran sekitar Rp 150 miliar.

Pembangunan Tower Panajam di kawasan Stadion Penajam di Kilometer 9 Nipah-Nipah Kecamatan Penajam tersebut dibiayai dengan skema anggaran tahun jamak (multiyears).

Pengumuman lembaga pengadaan secara elektronik (LPSE) Kabupaten Penajam Paser Utara menyebutkan perencanaan pembangunan Tower Penajam dianggarkan pada 2021 ini.

Anggaran dalam HPS (harga perkiraan sendiri) lelang paket kegiatan perencanaan pembangunan Tower Penajam sekitar Rp 3,7 miliar dan lelang dimenangi PT Pandu Perkasa dengan nilai sekitar Rp 2,9 miliar.

 

 

(Sumber: detik.com)