Kalteng Terima Bantuan ISO Tank Container Berkapasitas 20 Ton

CANALBERITA.COM –  Provinsi Kalimantan Tengah menerima bantuan hibah Oksigen Medis dari sejumlah donatur. Hal ini untuk mencukupi ketersedian Oksigen Medis lantaran pemakaian meningkat sejak pandemi Covid-19 melanda Kalimantan Tengah.

Namun demikian, banyaknya bantuan  Oksigen Medis maka diperlukan tempat penampungan yang cukup. Saat ini Pemerintah Kalimanta Tengah menerima bantuan ISO Tank Container berkapasitas 20 ton dari Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Perwakilan Kalimantan dan Sulawesi.

Hal ini diungkapkan Wakil Gubenur Kalteng, H Edy Pratowo usai mengikuti penyerahan bantuan secara virtual di Aula Jaya Tingang, Kantor Gubenur Kalimantan Tengah, Senin 30 Agustus 2021.

Dalam sambutan gubernur yang dibacakan Edy Pratowo mengatakan, penanganan pasien Covid-19, khususnya untuk terapi oksigenasi, memerlukan ketersediaan oksigen yang cukup dalam jangka waktu yang aman diseluruh rumah sakit.

Guna memastikan ketersediaan tersebut, Tim Satgas Oksigen Provinsi Kalteng terus-menerus melakukan upaya untuk mencukupi kebutuhan oksigen, salah satunya melalui CSR dari lembaga usaha.

“Beberapa hari yang lalu, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah telah menerima bantuan oksigen concentrator dari PT Indo Moro Kencana dan bantuan oksigen cair dari Sinarmas Group,” kata Wakil Gubernur mengutip sambutan tertulis Gubernur.

“Pada hari ini juga, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah kembali menerima hibah oksigen concentrator dari PT Karya Dewi Putra sebanyak 49 unit. Dan, pada saat ini, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menerima bantuan ISO Tank kapasitas 20 ton dari SKK Migas-KKKS,” timpalnya.

Lebih lanjut disampaikan, dengan adanya ISO Tank kapasitas 20 ton, maka salah satu kendala yang dihadapi dalam pemenuhan kebutuhan oksigen medis di rumah sakit dan filling stasion dapat ditanggulangi. Dengan demikian, pasokan dan distribusi oksigen medis di wilayah Provinsi Kalteng diharapkan lebih aman serta sistem layanan kesehatan juga akan semakin kuat.

“Harapan kita, dengan semakin kuatnya sistem layanan kesehatan kita, maka risiko kematian akibat Covid-19 dapat semakin kita tekan, bahkan dapat mencapai angka nol kematian harian akibat Covid-19,” harap Gubernur.

Gubernur pun atas nama Pemprov Kalteng dan masyarakat Kalteng menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada SKK Migas-KKKS atas bantuan ISO Tank ini. “Semoga seluruh pimpinan dan karyawan-karyawati SKK Migas-KKKS senantiasa diberikan kesuksesan dan kemudahan dalam melaksanakan berbagai tugas dan tanggung jawab,” pungkas Gubernur dalam sambutan yang di bacakan Wagub Edy Pratowo.

Sebelumnya, Kepala Perwakilan SKK Migas Wilayah Kalimantan dan Sulawesi Azhari Idris mengungkapkan bahwa pihaknya mendapatkan informasi mengenai Provinsi Kalteng dan beberapa provinsi lainnya di Pulau Kalimantan yang mengalami emergensi Covid-19 cukup berat.

“Menindaklanjuti hal tersebut, SKK Migas dan rekan KKKS yang beroperasi di Kalimantan Timur, kami bekejasama untuk menyumbang beberapa unit ISO Tank untuk Pemerintah Provinsi dalam rangka membantu penyaluran oksigen medis di beberpa provinsi termasuk Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan,” jelas Azhari.

“Mudah-mudahan apa yang diberikan hari ini oleh SKK Migas bersama KKKS Eni itu merupakan hubungan kerja sama kita yang cukup baik, rasa simpati dan rasa kami untuk semua masyarakat di Kalimantan Tengah,” ucap Azhari seraya menambahkan bahwa pihaknya juga berharap Covid-19 bisa segera teratasi, kondisi kembali normal, dan silaturahmi tatap muka secara langsung dapat kembali dilaksanakan.

(cnb-1)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.