Wakil Ketua I DPRD Barito Utaran Harapkan Usulan di Musrenbang Merupakan Kebutuhan Prioritas

MUARA TEWEH,CanalBerita-Wakil Ketua I DPRD Barito Utara Parmana Setiawan berharap, Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2025 hendaknya menjadi jembatan utama dalam usulan pembangunan di desa.

Menurut Parmana Setiawan, ada beberapa usulan prioritas kelurahan dan desa sudah diusulkan pada Musrenbang tahun sebelumnya. Namun jelasnya, usulan tersebut masih belum terealisasi.

“Dengan belum terealisasi usulan tersebut, maka hendaknya menjadi tolak ukur bagi usulan tingkat desa agar dalam usulan di Musrenbang untuk bisa memilah mana skala prioritas untuk didahulukan,” katanya belum lama ini.

Lebih lanjut dia menjelaskan, pentingnya memilah sebuah usulan agar hal-hal yang harus didahulukan bisa segera direalisasikan oleh pemerintah daerah melalui satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Barito Utara.

Dia mencontohkan, hendaknya usulan perbaikan jalan di Desa Datai Nirui Kecamatan Teweh Tengah menjadi skala prioritas karena penting bagi sarana transportasi warga di sana.

“Usulan warga yang belum terealisasi adalah perbaikan dan pelebaran jembatan Desa Lemo, jembatan desa Pararawen dan banyak lagi usulan warga yang masih belum dilaksanakan,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, yang juga menjadi prioritas adalah Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur desa juga perlu ditingkatkan. “Peningkatan SDM aparatur desa ini memang sangat diperlukan agar aparat Desa dapat pendidikan sesuai dengan tugas dan fungsinya,” ucapnya.

Advertorial
Editor: alfrid u gara