Hubner Gabung Cerezo Osaka, Sejarah Baru Indonesia Bisa Tercipta

JAKARTA,CanalBerita- Justin Hubner berpeluang menciptakan sejarah baru sepak bola Indonesia setelah bergabung dengan klub asal Jepang, Cerezo Osaka, dengan status pinjaman dari Wolverhampton Wanderers U-21.

Hubner resmi dipinjamkan Wolves ke Cerezo hingga akhir musim J1 League 2024. Meski punya peluang yang cukup besar untuk menembus tim utama Wolves, Hubner memutuskan untuk menerima tawaran Cerezo Osaka.

Hubner merupakan pemain kelima Indonesia yang bergabung dengan klub Liga Jepang, setelah Ricky Yacobi, Irfan Bachdim, Stefano Lilipaly dan terakhir Pratama Arhan.

Tahapan Pilkada 2024

Keputusan Hubner bergabung dengan Cerezo juga berpeluang menciptakan sejarah baru dalam sepak bola Indonesia. Bek 20 tahun menjadi pemain kedua Indonesia yang bergabung dengan klub kasta tertinggi Liga Jepang atau J1 League setelah Irfan Bachdim.

Bachdim bergabung dengan Ventforet Kofu pada 2014. Namun, pemain keturunan Indonesia-Belanda itu tidak pernah mendapat kesempatan bermain. Bachim kemudian bergabung dengan klub J2 League Consadole Sapporo pada 2015 dan 2016.

Jika dimainkan Akio Kogiku bersama Cerezo Osaka musim ini, maka Justin Hubner akan mencetak sejarah sebagai pemain Indonesia pertama yang mampu bermain di J1 League.

Peluang Hubner bermain, bahkan menjadi pemain inti di Cerezo Osaka musim ini, terbilang sangat besar. Pasalnya, Cerezo kehilangan bek tengah Ryosuke Shindo sebelum musim berjalan dan berharap Hubner bisa menjadi penggantinya.

Hal itu diungkapkan Steve Davis, Pathways Manager Wolves yang bertugas menjadi jembatan antara tim utama dan tim reserve.

“Dia [Hubner] harus masuk ke dalam tim, mendapatkan kepercayaan dari pelatih. Cerezo tidak memiliki banyak pemain kaki kiri, jadi dia akan memberi tim keseimbangan. Hubner bisa bermain di berbagai posisi dan itu akan memudahkannya untuk beradaptasi,” ujar Davis.

“Dia harus masuk ke tim dan menunjukkan dia bisa memperjuangkan tempatnya seperti yang harus dilakukan orang lain. Dia perlu menunjukkan bahwa dia bisa konsisten di sepak bola selama satu musim dan itu akan menjadi tantangan terbesar,” kata Davis.

Cerezo Osaka saat ini berada di posisi enam klasemen J1 League 2024 dengan torehan lima poin dari tiga pertandingan.

Sumber:CNN Indonesia