CNA Masuk Jajaran Dewan Pembina SMSI Kalteng

PALANGKA RAYA,CanalBerita-Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kalimantan Tengah (Kalteng) memperkuat kepengurusan dengan menambah jajaran kepemimpinannya. Hal ini terjadi dengan bersedianya tokoh Dayak yang juga seorang pengusaha sukses, Cornelis Nalau Anton (CNA), dengan tulus menyatakan kesediaannya untuk bergabung sebagai salah satu Dewan Pembina SMSI Kalteng.

Kunjungan hormat pengurus SMSI Kalteng, yang dipimpin oleh Ketua H. Andi Kadarusman didampingi oleh sejumlah pengurus yang lain, ke kediaman Cornelis Nalau Anton di Jalan George Obos, Kota Palangka Raya, pada hari Minggu (18/2/2024), menjadi momen bersejarah.

Dalam pertemuan yang hangat dan penuh semangat, Kornelis dengan tulus menyampaikan kesediaannya untuk berkontribusi dalam memajukan Kalteng di panggung nasional, terutama dalam konteks Kalteng sebagai pendukung Integritas Kawasan Nusantara (IKN).

“Saya merasa terpanggil untuk turut serta dalam perjuangan memajukan Kalteng, khususnya melalui SMSI, karena saya percaya bahwa tujuan SMSI yang baik adalah untuk kemajuan bersama masyarakat Dayak dan Kalteng secara keseluruhan di bidang jurnalistik,” ujar Cornelis.

Kehadiran Cornelis Nalau Anton sebagai salah satu Dewan Pembina SMSI Kalteng dipandang sebagai dorongan besar bagi upaya-upaya pembangunan media siber yang berkualitas dan beretika di wilayah tersebut. Ketua SMSI Kalteng Andi Kadarusman dengan penuh penghargaan menyerahkan secara simbolis seragam resmi SMSI kepada Cornelis, sebagai bentuk sambutan hangat dari keluarga SMSI atas kesediaannya untuk bergabung dalam perjuangan bersama.

Keputusan Cornelis Nalau Anton untuk menjadi bagian dari SMSI Kalteng telah memperkaya dan memperkuat keberagaman dan inklusivitas dalam organisasi tersebut, serta memberikan harapan baru bagi perkembangan media siber di Kalimantan Tengah.

Tentang SMSI

Dilansir dari globalnews.com, Serikat Media Siber Indonesia ( SMSI ) merupakan organisasi pemilik media, pembentukan SMSI dilaksanakan di Provinsi Banten pada tanggal 7 Maret 2017 lalu.

SMSI berdiri di saat dunia pers sedang mengalami disrupsi teknologi informasi. Dimana media konvensional, media cetak nyaris kehilangan harapan untuk bisa hidup lagi.

Saat ini Kepengurusan SMSI telah ada di seluruh Provinsi bahkan hingga Kabupaten/Kota di Indonesia, termasuk di Provinsi Kalteng.

Kelahiran SMSI dibidani oleh tokoh pers yang juga Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Atal S Depari bersama Sekretaris Jenderal PWI Pusat Mirza Zulhadi, serta Ketua Bidang Organisasi PWI Pusat Firdaus.

Pada Kongres Pertama SMSI di Kantor PWI Pusat, 20 Desember 2019 lalu, Firdaus terpilih menjadi Ketua Umum.

Tidak lama kemudian, SMSI disahkan menjadi konstituen Dewan Pers melalui Surat Keputusan Dewan Pers Nomor: 22/SK-DP/V/2020 mengenai hasil verifikasi organisasi perusahaan pers SMSI yang ditandatangani Ketua Dewan Pers, Mohammad Nuh, pada tanggal 29 Mei 2020.

Surat keputusan tersebut mengacu pada keputusan sidang pleno Dewan Pers pada Jumat 22 Mei 2020 di Jakarta, dan hasil verifikasi Dewan Pers tanggal 29 Januari 2020.

(Advertorial)