Perlu Tindakan Konkrit Hadapi Ancaman Krisis Pangan, Pemprov Kalteng Harapkan  Food Estate Berhasil dan Berkelanjutan

PALANGKA RAYA,CanalBerita-Hadapi krisis pangan global, menuntut Indonesia mempersiapkan langkah antisipatif terhadap setiap dampak yang mungkin terjadi terkait keamanan dan stabilitas pangan dalam negeri.

Untuk itu, Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah melalui sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sri Widarnani mengingatkan para peserta Seminar Ketahanan Pangan agar mengantisipasi lebih serius dan penting untuk menjadi perhatian bersama tentang ancaman tersebut.

“Perlu solusi komprehensif dan tindakan konkret, untuk pencegahan dan pengurangan risiko krisis tersebut, melalui upaya mitigasi dan adaptasi krisis iklim, khususnya bagi petani dan produksi pangan,” ucap Sri Widarnani, mewakili Sekretaris Daerah saat membuka secara resmi Seminar Ketahanan Pangan Provinsi Kalteng Tahun 2023 di Palangka Raya, Senin, 27 November 2023.

Menurut Sri Widarnani, berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 109 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Presiden Nomor 03 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional, Pemerintah telah mencanangkan Program Peningkatan Penyediaan Pangan Nasional atau Food Estate.

“Proyek Strategis Nasional (PSN) Lumbung Pangan Nasional tersebut adalah sebagai upaya memperkuat ketahanan pangan, serta menjadi solusi mengatasi ketergantungan impor pangan, melalui pembukaan lahan di berbagai wilayah di Indonesia,” jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, Kalimantan Tengah merupakan salah satu provinsi yang ditunjuk menjadi lokasi proyek melalui program Food Estate yang dikelola oleh Kementerian Pertanian di Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas, untuk tanaman padi seluas 165.000 Ha, serta yang dikelola oleh Kementerian Pertahanan di Kabupaten Gunung Mas untuk tanaman Singkong seluas 60.000 Ha.

“Pemerintah Daerah dan kita semua tentu saja sangat mendukung pembangunan Kawasan Food Estate di Kalimantan Tengah sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional berhasil, berkesinambungan, berkelanjutan, dan memberikan multiplier effect bagi pembangunan Daerah, peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Kalimantan Tengah, serta memberikan kontribusi yang signifikan bagi kemandirian dan ketahanan pangan secara nasional,” ucapnya seraya berharap.

Penulis: cnb
Editor: alfrid u gara