Nardi: Pengembangan Budidaya Perikanan di Dapil III Terkendala Bibit

KUALA PEMBUANG,CanalBerita – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan menyebutkan, jika bibit menjadi kendala utama dalam pengembangan sektor perikanan di daerah pemilihan (dapil) III yang meliputi Kecamatan Seruyan Tengah, Seruyan Hulu, Batu Ampar dan Suling Tambun.

Anggota DPRD Seruyan Nardi mengatakan, sektor perikanan khususnya untuk budidaya di wilayah setempat sejatinya cukup potensial. Hal ini dibuktikan dengan masih ada sebagian masyarakat yang memiliki kolam-kolam ikan budidaya

“Untuk sektor perikanan sebenarnya juga cukup potensial, terlebih untuk budidaya. Cuman yang menjadi kendala utama adalah keterbatasan bibit, sehingga ini yang mungkin sedikit menyulitkan masyarakat,” katanya, Selasa 17 Oktober 2023.

Dikatakannya, bahwa selama ini masyarakat di wilayah setempat hanya mengandalkan bibit-bibit ikan lokal seperti Patin dan lain sebagainya. Sementara menurutnya, banyak jenis-jenis ikan budidaya yang bernutrisi serta mempunyai nilai jual tinggi yang bisa dikembangkan

Maka dari itu, dirinya berharap pemerintah daerah melalui dinas terkait bisa melakukan kerja sama dan membantu masyarakat untuk mendapatkan bibit ikan unggul.

“Kalau mereka bisa mengembangkan jenis ikan yang notabene unggul, artinya mempunyai nilai jual yang tinggi dan mudah dalam hal pemasaran, saya rasa itu akan sangat membantu untuk meningkatkan ekonomi masyarakat,” imbuhnya.

penulis: cnb
editor: alfrid u gara