Kepala UPTD Pusat Kesehatan Hewan Palangka Raya Imbau Masyarakat Mewaspadai Rabies

PALANGKA RAYA,CanalBerita-Kepala UPTD Pusat Kesehatan Hewan atau Puskeswan pada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan atau DPKP Kota Palangka Raya, drh Eko Hari Yuwono mengimbau masyarakat yang pelihara anjing agar rutin memberikan vaksin rabies.

Menurut Eko, masyarakat sebaiknya  pemberian vaksin rabies kepada anjing peliharaan setahun sekali atau dua kali dalam setahun dengan membawa hewan peliharaan ke kantor dinas ataupun klinik hewan.

“Vaksinasi bisa dilakukan baik dengan membawa hewan peliharaan ke kantor dinas ataupun klinik hewan, bisa juga dengan menghubungi vaksinator Kota untuk datang memberikan vaksin rabies kepada anjing-anjing milik masyarakat,” kata Eko, Rabu, 7 Juni 2023.

Ketua Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia atau PDHI Provinsi Kalteng ini meminta masyarakat untuk waspada terhadap gigitan hewan penular rabies atau HPR, terutama di musim kawin yang biasanya terjadi bulan Juni ini.

“Kami imbau masyarakat untuk waspada terhadap gigitan HPR terutama anjing rabies pada bulan Juni ini karena memasuki musim kawin pada hewan anjing,” katanya.

penulis: cnb
editor: alfrid u. gara