Panen Nusantara di Kalteng Bakal Dihadiri Presiden Jokowi

PULANG PISAU,CanalBerita -Presiden RI Joko Widodo (Jowi) akan berkunjung ke Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah dalam rangka pelaksanaan Panen Nusantara di lahan food estate yang merupakan program ketahanan pangan nasional.

Hal tersebut  diungkappkan Wakil Gubernur, Edy Pratowo saat menghadiri acara Peringatan Hari Jadi ke-42 Desa Talio Muara, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau, di Lapangan Sepak Bola desa setempat, Minggu 26 Februari 2023.

“Panen Nusantara ini digelar secara nasional, karena musim tanam-panen di tahun 2023 ini terjadi di Oktober-Maret. Dimana bulan Oktober adalah musim tanam dan bulan Maret panennya,” jelas mantan Bupati Pulang Pisau ini.

Provinsi Kalimantan Tengah  memiliki program ketahanan pangan nasional atau ketahanan pangan nasional, dan Kabupaten Pulang Pisau menjadi salah satu daerah penghasil padi selain kapuas yang ditetapkan sebagai lahan food estate.

“Presiden Joko Widodo ingin melihat panen di lahan food estate kita yang luasnya kurang lebih 4000 hektare. Dari tersebut, kurang lebih ada 705 hektare yang sudah siap panen,” jelasnya.

Selain di Kabupaten Pulang Pisau, beberapa daerah seperti Kabupaten Bantul dan Provinsi Sulawesi Selatan juga menjadi lokus Panen Nusantara. Tetapi pusat kegiatannya tetap di Kalteng.

Sementara itu, pada peringatan hari jadi ke-42 Desa Talio Muara ini, Wagub berharap Desa Talio Muara bisa semakin maju dan semakin jaya bersama dengan rakyatnya.

“Tetap jalin kebersamaan antar tokoh dan antar masyarakat, saya yakin dengan kebersamaan, maka Desa Talio Muara akan semakin maju dan sukses pembangunannya,” pungkasnya.

 

Penulis: cnb/bs
Editor: alfrid u.  gara