Tahun 2023 Pemkab Gratiskan Biaya Berobat Bagi Warga Kotim

SAMPIT,CanalBerita-Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur atau Pemkab Kotim mulai tahun 2023 mendatang mencanangkan program kesehatan gratis bagi warganya.

Dengan program kesehatan gratis, diharapkan warga Kotim yang memiliki  Kartu BPJS Kesehatan, tetap bisa mendapatkan pelayanan kesehatan.

“Kecuali bagi karyawan perusahaan perkebunan besar swasta atau pertambangan yang sudah ditanggung perusahaan,” tukas Bupati Kotim Halikinnor, belum lama ini.

Halikinnor menyatakan, tidak masalah baginya jika anggaran banyak tersedot untuk membiayai masyarakat agar dapat mendapatkan pelayanan kesehatan.

Menurut Halikinnor, program kesehatan gratis diwacanakan lantaran di kerap menemukan masyarakat yang terkendala dalam mengakses pelayanan kesehatan karena tidak memiliki Kartu  BPJS, selain tidak masuk dalam Daftar Penerima Bantuan Iuran (PBI) pemerintah daerah dan pemerintah pusat.

”Saya ingin tahun 2023 masyarakat Kotim semua mendapat jaminan kesehatan. Masyarakat bisa berobat gratis di mana saja. Tidak masalah jor-joran anggaran kesehatan, asalkan memang itu kebutuhan dan faktual,” kata Halikinnor, pekan lalu.

”Saya bisa bayangkan berapa biaya masyarakat kalau tidak dibantu pemerintah. Saya berupaya dengan kebijakan ini bagaimana masyarakat bisa ringan dan gratis kalau berobat. Bayangkan, kalau tidak gratis, mereka yang berobat tentunya berat dibiayai. Ini jangan sampai terjadi,” ucapnya menimpali penjelasannya.

Penulis : RedaCNB
Editor   : Alfrid U. Gara