Jalan Kabupaten di Pulau Hanaut Rusak Parah, Sampai Sekarang Belum Tersentuh Peningkatan Jalan

SAMPIT – Jalan kabupaten di Kecamatan Pulau Hanaut, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah (Kalteng), sudah rusak berat bahkan saat ini semakin parah. Ironisnya, sejak dahulu hingga sekarang belum pernah mengalami peningkatan jalan.

Jalan kabupaten yang dimaksud ada di Desa Rawa Sari. Panjang jalan yang menghubungkan dua desa itu rusak parah. Diperparah lagi dengan saat ini musim penghujan semakin sulit dilewati.

“Kalau ukurannya sekitar 1200 meter panjang jalan kabupaten ini,” ujar Kepala Desa Rawa Sari Sigit Pranoto kepada wartawan media siber Berita Sampit, akhir pekan tadi.

Sigit menjelaskan, jalan kabupaten itu tidak hanya menghubungkan dua desa yakni Rawa Sari dan Makarti Jaya. Bahkan, kata dia, menghubungkan tujuh lingkungan RT terutama yang ada di desa Rawa Sari.

“Ada tujuh lingkungan RT yang memanfaatkan jalan kabupaten ini, tapi, kondisinya saat ini rusak parah. Pemdes tidak ada anggaran untuk perbaikan karena berwenang kabupaten,” tegas Sigit.

Melihat kondisi jalan rusak parah, tambahnya, pemerintah desa mengusulkan ke Pemkab Kotim melalui Dinas PUPR Kotim agar jalan kabupaten diperbaiki setidaknya ada peningkatan jalan.

Hasilnya, tanggapan Dinas PUPR Kotim sejak 2020 hingga sekarang dinilai sangat lambat, sehingga usulan yang datang tampaknya tidak dihargai, namun desa menganggap hal tersebut mendesak dan segera diperbaiki.

“Berkas proposal sudah beberapa tahun disampaikan ke Dinas PUPR Kotim, kami tidak tahu sampai kapan jalan kabupaten ini bisa ditingkatkan menjadi jalan yang layak digunakan oleh masyarakat,” pungkasnya. 

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Canalberita.com dengan beritasampit.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, 
grafis,  video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab beritasampit.co.id.