Yayasan ESA Sosialisasi Program Ausbildung Deutschland Bagi Peserta Didik di Gunung Mas

KUALA KURUN, Canal Berita –– Para siswa-siswi SMA/SMK di Kota Kuala Kurun Kabupaten Gunung Mas Provinsi Kalimantan Tengah antusias mengikuti sosialisasi Program Ausbildung Deutschland dari Yayasan Esa Sinergi Ausbildung (ESA) yang dilaksanakan di GPU Damang Batu, Senin 24 Oktober 2022.

Yayasan Sinergi Ausbildung sendiri merupakan sebuah lembaga bahasa yang melatih bahasa Jerman dan keterampilan dalam kepemimpinan. Yayasan ini bekerjasama langsung dengan Jerman.

Siswa yang telah dilatih akan dikirim ke Jerman untuk magang, dalam arti kuliah sambil bekerja, dimana masa pendidikannya sekitar tiga tahun.

Pendidikan dari program Yayasan Esa Sinergi Ausbildung tidak menghasilkan kesarjanaan ataupun gelar sarjana, melainkan kompetensi internasional yang dikeluarkan sertifikasinya oleh pemerintahan Jerman.

“Saya penasaran dan ingin tahu terkait program sekolah sembari bekerja ini, jadi saya ikut sosialisasi ini,” ucap Daniel Oktavius salah satu siswa yang mengikuti kegiatan tersebut.

Selain mendapatkan wawasan, ia juga tertarik dengan program yang ditawarkan tersebut, dan dengan harapan dirinya bisa mengikuti program yang ditawarkan dalam sosialisasi tersebut, dan bisa menambah pengalaman di masa mendatang.

Berbeda dengan Daniel Oktavius yang menunjukan ketertarikan dengan program Yayasan ESA sekolah sembari bekerja. Namun itu membuat, Handreno Yusuf berpikir dulu untuk keluar negeri.

“Saya masih ragu, dan ingin menanyakan kepada orang tua dulu, saya juga tidak ingin melanjutkan pendidikan yang jauh dari orang tua saya, dan saya ingin melanjutkan pendidikan di Indonesia saja,” tutur Handreno Yusuf.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Canalberita.com dengan beritasampit.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, 
grafis,  video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab beritasampit.co.id.