Pemkab Kotim Gelontorkan Rp 10,465 Miliar untuk Rekonstruksi Jalan HM Arsyad Sampit

SAMPIT, Canal Berita —Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur atau Kotim menggelontorkan anggaran Rp10,465 Miliar untuk rekonstruksi ruas Jalan HM Arsyad Sampit yang bersumber dari Anggaran Pendapat dan Belanja Daerah atau APBD Kabupaten setempat.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (DPUPRPRKP) Kabupaten Kotim Mentana mengatakan, pengerjaan dimulai hari ini Selasa 25 Oktober 2022, setelah sebelumnya  sempat tertunda lantaran harus mengatur ulang daftar lelang akibat kenaikan harga bahan bangunan dampak naiknya BBM.

“Di Hm Arsyad ada dua jalur jalan kanan dan kiri sejauh 4,8 Km, namun untuk tahun ini rekontruksi dilakukan satu jalur dulu sejauh 2,4 Km dari batas Bundaran KB sampai perempatan lampu merah Jalan Pelita,” jelasnya.

Pengerjaan rekonstruksi jalan ini dilaksanakan oleh CV Hayak Basewut, dengan kontrak dimulai dari 12 September sampai 20 Desember 2022.

Sistem pengerjaan jalan ini dilakukan dengan cara berbeda, yang mana akan dipadukan antara aspal yang lama dengan yang baru menggunakan alat khusus daur ulang.

Untuk pondasi ketebalan lapisan bawah sekitar 30 centimeter, sedangkan ketebalan aspal juga akan dilakukan dua lapis dengan ukuran 3 dan 4 cm.

“Kondisi cuaca di musim hujan saat ini memang kurang menguntungkan, namun kita tetap optimis pengerjaan jalan sejauh 2,4 Km ini bisa selesai tepat waktu,” imbuhnya.

Mentana juga meminta kepada seluruh pengguna jalan agar berhati-hati selama ada kegiatan pengerjaan jalan tersebut. Atas nama Pemerintah Daerah Kotim dia juga meminta maaf pada masyarakat atas ketidaknyamanan selama pengerjaan yang sedikit mengganggu arus lalulintas jalan.

(CNB/ilm-BS)