Bantu Masyarakat Berpenghasilan Rendah, Pemkab Mura Gelar Pasar Murah

PURUK CAHU – Pemerintah Kabupaten Murung Raya melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Diskop UKM Perindag) menggelar pasar murah yang dilaksanakan di halaman Stadion Mini Kota Puruk Cahu, Kamis 20 Oktober 2022.

Hadir dalam acara itu, Wakil Bupati Murung Raya Rejikinoor, Sekretaris Daerah (Sekda) Hermon, Waka Polres Murung Raya Kompol Muzakir, Perwakilan Kejari Puruk Cahu, Kepala OPD dan ratusan masyarakat lainnya.

Dalam laporannya, Kepala Diskop UKM Perindag Kabupaten Murung Raya Suria Siri mengatakan, kegiatan operasi pasar murah ini merupakan kegiatan Pemkab Murung Raya bertujuan untuk membantu masyarakat yang berpenghasilan rendah melalui harga subsidi 75 persen.

“Hal ini dilakukan untuk menjaga stabilitas harga melalui pengendalian harga bahan pokok, kemudian mengantisipasi kelangkaan bahan pokok serta membantu warga masyarakat akibat dari inflasi,” Tutur Suria Siri.

Dikatakan mantan Kepala Dinas Kesehatan itu juga, Kegiatan pasar murah ini juga dilakukan di 10 kecamatan yang di mulai pada tanggal 20 Oktober hingga 12 Desember 2022 dengan jumlah paket sebanyak 3.550 paket sembako yang terdiri dari beras 5 Kg, Gula 1 Kg, Minyak Goreng 1 Liter, Kopi 1 Bungkus, Teh 1 Kotak, Mie Instan 7 bungkus.

Adapun jumlah paket sembako yang tersebar di 10 kecamatan dengan rincian, Kecamatan Murung 1000 paket, Kecamatan Laung Tuhup 350 paket, Kecamatan Permata Intan 350 paket, Kecamatan Sumber Barito 300 paket, Kecamatan Tanah Siang Selatan 250 paket.

Kemudian, Kecamatan Barito Tuhup Raya 250 paket, Kecamatan Sungai Babuat 250 paket, Kecamatan Tanah Siang 300 paket, Kecamatan Seribu Riam 250 paket dan Kecamatan Uut Murung 250 paket.

“Sedangkan harga pasaran per paket Rp. 199.100 disubsidi menjadi Rp. 49.775 per paket. Maka dengan adanya pasar murah ini kiranya dapat membantu meringankan beban masyarakat terdampak inflasi,”tutur Suria.

Sementara Wakil Bupati Murung Raya Rejikinoor menyebutkan, Seperti kita ketahui bersama bahwa Inflasi ini mempunyai dampak yang luar biasa kepada sektor tak terkecuali ketersediaan dan aksesibilitas kebutuhan semua pokok.

Maka, melalui kegiatan operasi pasar murah yang telah menjadi kegiatan rutin dari Diskop UKM Perindag Kabupaten Murung Raya adalah salah satu bentuk usaha Pemerintah Kabupaten Murung Raya untuk memfasilitasi penjualan sebagian bahan kebutuhan pokok guna mempermudah dan meringankan dalam memenuhi sebagian kebutuhan masyarakat.

“Kami berharap dengan kegiatan Operasi Pasar Murah ini bisa dimanfaatkan secara baik dan bijak oleh masyarakat Kabupaten Murung Raya terlebih kepada masyarakat kelas ekonomi ke bawah,”pungkasnya.(Lulus)

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Canalberita.com dengan beritasampit.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, 
grafis,  video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab beritasampit.co.id.