Waspada Penyakit HIV AIDS, Ini Cara Mencegahnya

PALANGKA RAYA, Canal Berita — HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia, sehingga sistem kekebalan tubuh menjadi lemah dan penderitanya mudah tekena penyakit. Kondisi ini disebut AIDS atau Acquired Immuno Deficiency Sindrom.

Karena dari data Komisi Penanggulang AIDS (KPA) Kalteng selama pandemi Covid-19 dari tahun 2020-2022 April, kasus HIV AIDS mengalami peningkatan signifikan.

Maka dari itu mereka meminta masyarakat untuk lebih waspada terhadap penyakit yang menular tersebut, yaitu menjauhi perilaku berisiko, seperti :

Seks berganti pasangan, tanpa pengaman atau kondom, karena risiko penyebaran tertularnya sangat cepat dan itu tidak dapat dipungkiri, perilaku seks seperti ini yang paling berkontribusi menyumbang peningkatan kasus.

“Tapi yang perlu ditekankan juga, bahwa “tidak semua orang dengan HIV-AIDS” punya moral yang negatif,” ucap Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi Kalteng, Saidah Suryani melalui Riska Ovany SKM MKes Epid selaku Pengelola Program KPA Provinsi Kalteng, saat dihubungi awak media ini, Selasa 2 Agustus 2022 kemarin.

Kemudian tips lainnya, lanjut Riska, jauhi narkoba, karena ada jenis narkoba tertentu yang efeknya bisa meningkatkan libido, sehingga pesta narkoba cenderung berdampingan dengan pesta seks.

Dan terakhir, katanya, jika ingin membuat tato, perawatan wajah (facial), bekam, bercukur, pastikan alat yang digunakan sudah disterilkan dengan baik.

Tetapi, menurutnya, orang yang terinfeksi HIV jangan panik dan setres, sekarang sudah ada obat yang dapat membantu orang penderita HIV tersebut tetap sehat dan produktif.

“Namun saya ingatkan lagi jauhi seksual menyimpang, karena orang yang tertular kebanyakan dari seksual menyimpang,” imbuhnya. (CNB1)