Bentuk Mental dan Kerakter Pelajar Melalui PBB

PALANGKA RAYA, Canal Berita — Babinsa Koramil 1016-01/Pahandut, Peltu Didik Kristiawan bersama dua anggota Koramil memberikan wawasan kebangsaan (Wasbang) dengan materi Pelatihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) kepada pelajar SMK Negeri 3 Palangka Raya, Rabu 3 Agustus 2022.

Pelatihan di halaman sekolah itu dalam rangka peningkatan kemampuan pelajar, serta menanamkan disiplin dan karakter sejak dini sehingga lahir generasi bangsa yang berkualitas.

“Dengan adanya latihan PBB ini diharapkan akan tertanam jiwa kedisiplinan pada siswa-siswi karena itu merupakan kunci keberhasilan dalam meraih cita cita yang didambakan, salah satunya disiplin waktu dan disiplin belaja,” ungkap Peltu Didik Kristiawan.

Dalam materi praktik, diawali dengan memberikan contoh gerakan agar dapat dilihat dan diikuti oleh seluruh siswa. Adapun pelaksanaan latihan kegiatan PBB dasar, seperti gerakan di tempat seperti sikap sempurna yang benar, sikap istirahat di tempat, sikap berjalan dan penghormatan di tempat.

“PBB juga memiliki manfaat yang sangat berguna bagi anak-anak sekolah yaitu melatih daya konsentrasi, mendorong belajar tentang solidaritas tim, belajar mendengar dan patuh serta belajar untuk diam dan mengatur emosi.,” sebutnya.

Peltu Didik Kristiawan menjelaskan, bahwa pelatihan baris-berbaris dilaksanakan sebagai wujud kepedulian Koramil 1016-01/Pahandut di lingkungan pendidikan dan merupakan bentuk rasa tanggung jawab TNI, khususnya TNI-AD dalam mempersiapkan generasi muda untuk menghadapi tantangan hidup di masa depan. (CNB1)