Ratusan Pecatur Handal Mulai Berkompetisi Kejurprov Catur Kalteng

SAMPIT, Canal Berita — Ratusan pecatur handal di 13 Kabupaten dan 1 Kota se-Kalimantan Tengah, hari ini Kamis 30 Juni 2022, mulai berkompetisi untuk tampil menjadi yang terbaik di Kejuaraan Provinsi Catu Kalteng, bertempat di Werra Resort Hotel, di jalan Jenderal Sudirman Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur.

Dalam laporannya Ketua Panitia Kejurprov Catur Kalteng Tajudinnor Asra, menyampaikan pertandingan ini diikuti sebanyak 220 atlet catur se-Kalteng.

Ada 17 kelas pertandingan yang akan dilaksanakan dari Junior, Senior hingga ke veteran. Dan ini akan menarik karena para atlet merupakan orang-orang pilihan yang mengikuti kompetisi tersebut.

Ada 3 kategori lomba yangbdi pertandingkan, yakni Clcatur klasik atau standar dengan waktu 60 menit, catur cepat 25 menit dan catur kilat 5 menit,” ungkapnya.

Selain memperebutkan 24 medali, atlet yang nantinya menjadi juara juga akan mendapatkan uang pembinaan.

Totel keseluruhan uang pembinaan sebesar Rp 52 juta, buat mereka yang nantinya juara,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Percasi Kalteng Saipul, mengapresiasi bahwa Kotim menjadi tuan rumah yang pertama kali setelah sempat vakum pasca pandemi covid-19.

Ini merupakan kontribusi luar biasa yang dilakukan Pemda Kotim terhadap olahraga percaturan ini,” katanya.

Saipul juga mengingatkan, kepada seluruh Percasi Kabupaten dan Kota, agar bisa menjaga kekompakan dan memperhatikan prilaku para atletnya, jangan sampai berulah yang mencoreng nama baik olahraga catur tersebut.

Kami mengharapkan pada pengurus percasi Kabupaten/Kota agar menjaga atletnya masing-masing agar tidak sampai menimbulkan masalah seperti waktu lalu. Kami mengharapkan dengan diselenggarakannya Kejurprov ini akan lahir pecatur-pecatur handal,” katanya.

Sedangkan dalam sambutannya, Bupati Kotim Halikinnor mengajak seluruh peserta untuk lebih enjoy menikmati turnamen ini, sembil berlibur menikmati Kota Sampit yang kaya akan ragam tempat wisata dan kuliner.

Bagi peserta yang belum pernah ke Sampit bisa mengabadikan momen yang ada di daerah ini, seperti ikon jelawat, atau juga bisa jalan-jalan ke mall, nonton di bioskop dan mungkin bisa menikmati kuliner yang ada di kota ini,” ucapnya

Sambil bertanding bisa juga sambil berwisata di Kotim ini, fasilitas kita lengkap, dan kita juga ada pantai ujung pandaran yang indah dan bersih,” sambungnya.

Catur adalah olahraga yang menggunakan aspek strategi, sehingga sangat membutuhkan tenaga dan konsentrasi yang tinggi.

Olahraga Ini sudah memasyarakat, namun hanya orang-orang yang berbakat menjadi atlet catur ini. Catur ini seperti bagaimana kita memimpin sebuah negara, memiliki pertahanan yang kuat dan juga bisa menyerang untuk menang,” tuturnya.

Halikin mengajak, Kejuaraan ini menjadi ajang silaturahmi seluruh atlet, dan berharap bisa menjadi menimbulkan atlet terbaik yang bisa tampil ke tingkat nasional maupun internasional. (BS/CNB)