BKN Siapkan Proses Perpindahan 60 Ribu ASN ke IKN

JAKARTA, canalberita.com–Badan Kepegawaian Negara (BKN) tengah menyiapkan mekanisme asesmen untuk kepindahan 60 aparatur sipil negara (ASN) ke ibukota baru (IKN) Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.
Asesmen dilakukan oleh BKN melalui Pusat Penilaian Kompetensi ASN. Klaster pertama asesmen akan menyasar pada ASN yang ada di DKI Jakarta dan sekitarnya.

“Sasaran Asesmen, ASN di sejumlah Kementerian/Lembaga yang bertugas dan berkantor di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya yang masuk klaster pertama,” kata BKN dalam unggahannya di akun Instagram @bkngoidofficial, Jumat (1/7).

BKN menuturkan bahwa asesmen kepindahan 60 ribu ASN itu sudah sesuai dengan skenario tahapan pemindahan yang ditetapkan oleh pemerintah.

BKN menargetkan ribuan ASN itu akan dipindahkan secara bertahap. Sebanyak 20 ASN akan dipindahkan pada tahun ini. Sementara sisanya, yakni 40 ASN akan dipindah pada 2023 mendatang.

“Sesuai dengan skenario tahapan pemindahan yang ditetapkan oleh pemerintah,” ujarnya.

Diketahui, Presiden Joko Widodo menyatakan pembangunan Ibu Kota Negara(IKN) Nusantara telah resmi dimulai pada Juni lalu.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB),Tjahjo Kumolo menargetkan setidaknya 60 ribu ASN pindah ke IKN Nusantarapada 2023 mendatang.

“Target pertama 60 ribu,” ujar Tjahjo usai meresmikan Mal Pelayanan Publik Kota Magelang dikutip dari kanal YouTube Pemerintah Kota Magelang, Kamis (17/3).

Sumber: CNN Indonesia