Masyarakat Harus Lebih Siap Hadapi Musim Kemarau

PALANGKA RAYA, Canal Berita — Kondisi cuaca saat ini sudah mulai memperlihatkan akan terjadinya musim kemarau, hal itu di tandai dengan cuaca panas yang terik dan kondisi malam yang dingin. Untuk itu masyarakat diminta lebih siap menghadapi musim kemarau.

Seperti ungkapan, Anggota DPRD Kota Palangka Raya Khemas Nasery, yang meminta semua masyarakat lebih siap menghadapi datangnya musim kemarau. Kesiapan yang dimaksud adalah siap menghadapi dampak dan musibah yang biasa terjadi saat musim kemarau.

“Kita tau, saat musim kemarau tentunya bnyak hal yang terdampak, baik itu kebakaran hutan dan lahan, sulit mendapatkan pasokan air bagi petani, menurunnya hasil pertanian dan perikanan itu pasti terjadi, makanya kita semua harus labih siap,” Ungkapnya saat di bincangi, Kamis (21/7).

Terutama kepada para pengusaha tambak apung, karena dengan masuknya musim kemarau tentu debit air Sungai Kahayan akan menurun yang tentunya berdampak pada ikan-ikan budidayanya.

“Banyak sektor yang perlu di perhatikan, pertama pertanian, kedua perikanan, transportasi, dan kehutanan. Karena berkaca dari tahun sebelumnya, apabila terjadi karhutla, sektor tersebut pasti terganggu, maka dari itu sejak saat ini antisipasi dampak perlu di lakukan,” tukasnya.

Selain itu juga, Khemal berharap pemerintah mampu melakukan langkah-langkah persiapan. Terutma Instansi terkait yang perlu melakukan langkah antisipasi dampak dari datangnya musim kemarau.

“Pemko perlu melakukan langkah-langkah pencegahan, terutama sektor pertanian dan perikanan, karena bagaimanapun juga dua sektor itu penyumbang pangan kota, bila dua itu terdampak maka dampaknya akan ke ekonomi masyarakat,” pungkasnya. (k1)