KNPI Kotim Beri Motivasi Santri untuk Berprestasi

SAMPIT, Canal Berita — Pengurus Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) memberikan motivasi kepada para santri di pondok pesantren di daerah itu untuk berprestasi dalam rangkaian pelaksanaan perluasan program kerja organisasi tersebut.

Selain menimba ilmu agama, kami rasa para santri juga tidak perlu ragu mengasah kemampuan dan potensi mereka seperti di bidang olahraga, peluang usaha, dan lainnya sebagai bekal meraih sukses,” kata Ketua DPD KNPI Kotim Endra Rosana di Sampit, Rabu 27 Juli 2022.

Ia mengaku bahwa upaya menjangkau kalangan santri, apalagi di tingkat kecamatan, merupakan hal baru bagi KNPI Kotawaringin Timur karena selama ini kegiatan yang mereka jalankan umumnya di sekolah umum maupun kampus dengan lokasi di Sampit, Ibu Kota Kabupaten Kotawaringin Timur.

Terobosan ini, ujarnya, mereka lakukan untuk memperluas program kerja KNPI Kotawaringin Timur.

Apalagi, katanya, santri yang merupakan bagian dari pemuda di daerah ini, juga berhak dirangkul KNPI dalam kegiatan-kegiatan positif.

Pada Senin 25 Juli 2022, pengurus KNPI Kotawaringin Timur bersilaturahim ke Pondok Pesantren Sabilal Muhtadin Kecamatan Mentaya Hilir Selatan. Kegiatan ini juga dalam rangka syukuran HUT Ke-49 KNPI tingkat daerah setempat.

Kedatangan rombongan KNPI Kotawaringin Timur disambut antusias pengurus pondok pesantren dan santri setempat. Pertemuan berlangsung hangat dalam suasana kekeluargaan.

Endra berpesan kepada pemuda di pesantren agar selain menimba ilmu agama, juga aktif di berbagai kegiatan positif seperti olahraga.

Bukan hal mustahil, katanya, muncul bibit atlet berbakat dari pondok pesantren yang bisa mempersembahkan prestasi dan mengharumkan nama pondok pesantren dan daerah ini.

Selain itu, para santri dibekali dengan motivasi terkait dengan hal-hal positif, seperti menjauhi narkoba, seks bebas, dan lainnya.

Ia menilai penting bagi pemuda, termasuk santri, membentengi diri dari dampak negatif era globalisasi di tengah kemudahan akses internet.

Kami akan terus menjalankan kegiatan-kegiatan positif yang diperluas hingga ke pelosok, termasuk menjangkau pesantren-pesantren. Kami berharap keberadaan KNPI bisa memberikan manfaat secara luas bagi masyarakat, khususnya para pemuda,” ujar dia.

Dalam kegiatan tersebut, KNPI Kotawaringin Timur juga memberi bantuan sarana olahraga, seperti bola voli, futsal, net bola voli, net badminton dan lainnya untuk menunjang keolahragaan di Pondok Pesantren Sabilal Muhtadin. Bantuan diterima perwakilan pihak pondok pesantren, yang juga Ketua DPK KNPI Kecamatan Mentaya Hilir Selatan Iqlima. (BS/CNB)