Keren! SMPN 1 Palangka Raya Masuk Nominasi Tiga Besar Nasional Kategori Berani

PALANGKA RAYA, Canal Berita — Setelah berhasil menyabet juara 1 tingkat Provinsi Kalimantan Tengah, kini Tim Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) Kahinje Atei SMP Negeri-1 Palangka Raya masuk nominasi 3 besar tingkat nasional kategori “Berani” yang diselenggarakan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Republik Indonesia (BKKBN RI).

Perjuangan Tim PIK-R Kahinje Atei SMP Negeri-1 Palangka Raya sangat panjang, karena harus bekerja keras dan sekratif mungkin dalam mengikuti kegiatan sewaktu puncak pandemi Covid-19.

Karena sebagai wadah berbagi informasi, melakukan konseling, melakukan rujukan, mengembangkan potensi diri dan melakukan aktivitas positif dan kreatif.

Hal tersebut disampaikan oleh Pembina dan Pengelola PIK-R dan Forum Genre serta Bina Keluarga Remaja, Bina Keluarga Lansia dan Bina Keluarga Balita Kota Palangka Raya, pada Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat Kota Palangka Raya (DPPKBP3APM), Willy saat ditemui awak media di SMPN 1 Palangka raya, Jumat 1 Juli 2022.

Willy menyampaikan, perjuangan anak-anak sangat panjang, mereka bertanding tingkat Kota, tingkat Provinsi dan sekarang Tim PIK-R Kahinje Atei SMP Negeri-1 Palangka Raya sampai tingkat nasional dan masuk nominasi 3 besar.

“Sekarang ini mereka mempersiapkan diri, karena dalam waktu dekat Tim Penilai akan datang dan mereka juga sudah siap 100 persen. Dan kenapa disebut kategori Berani karena berpaku usia yaitu 11-14 tahun, yaitu Berani dalam menyampaikan pendapat serta mampu mempraktikkan hidup bersih dan sehat,” terangnya.

Harapannya, agar remaja terhindar dari hubungan seksual sebelum menikah, menikah di usia dini dan penyalahgunaan NAPZA. Untuk itu Tim PIK-R Kahinje Atei SMPN 1 Palangka Raya akan secara masif melakukan edukasi serta sosialisasi melalui media sosial dan secara langsung kepada para siswa SD.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 1 Palangka Raya, Erdiningsih mengapresiasi prestasi yang telah diraih para siswanya hingga dapat membawa nama harum Kota Palangka Raya, umumnya Provinsi Kalteng dan khususnya nama sekolah ke tingkat nasional.

Dirinya berharap, segala jerih payah dan perjuangan yang telah diraih para siswa dapat membuahkan hasil dan meraih juara 1 di tingkat nasional.

“Kita disini sangat mendukung dan mensupport yang dilakukan siswa, apalagi mereka bisa masuk nominasi 3 besar itu sangat luar biasa. Kami berharap tim ini bisa menjadi role model bagi siswa lainnya dalam memberikan informasi kepada masyarakat,” pungkasnya. (CNB1)