Jamaah Haji Palangka Raya Dalam Kondisi Baik

PALANGKA RAYA, Canal Berita — Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Nur Widiantoro mengatakan seluruh jamaah haji asal kota setempat dalam kondisi baik.

Semua jamaah kita dalam kondisi baik dan sehat,” kata Nur Widiantoro di Palangka Raya, Senin 11 Juli 2022.

Dia mengatakan, jamaah haji asal Kota Palangka Raya berjumlah 146 orang. Sebelumnya diberangkatkan dalam dua kloter yakni Kloter 5 dan Kloter 7.

Kloter 5 terdiri dari 114 orang, terdiri dari 48 pria dan 66 perempuan. Kloter 7 terdiri dari 32 orang, terdiri dari 16 pria dan 16 perempuan.

Nur tetap meminta, jamaah haji asal “Kota Cantik” tetap waspada dan selalu menyiapkan diri menghadapi cuaca sangat panas di Tanah Suci, sehingga kondisi tubuh tetap sehat dan dapat beraktivitas dengan lancar.

Dia menyebut cuaca tertinggi saat siang hari di Arab Saudi mencapai 50 derajat celcius lebih. Keadaan tersebut sangat jauh jika dibandingkan kondisi di Kota Palangka Raya yang rata-rata di bawah 40 derajat celcius.

Menyikapi kondisi itu, kami minta jamaah untuk selalu melakukan langkah antisipasi seperti dengan selalu membawa semprotan air dan menggunakan alas kaki saat beraktivitas serta perbanyak minum air putih untuk menghindari dehidrasi,” katanya.

Kemudian juga meminta jamaah calon haji asal kota setempat juga istirahat secara cukup, kembali ke penginapan usai melaksanakan ibadah, makan secara teratur, makan buah dan vitamin untuk menunjang kesehatan.

Di sisi lain, dia menyebut daftar tunggu haji di wilayah setempat mencapai 26 tahun. Masa tunggu kita lebih cepat 10 tahun dibanding provinsi tetangga Kalimantan Selatan yang mencapai 36 tahun.

Dia menerangkan, saat ini tercatat 6.000 warga masuk daftar tunggu. (BS/CNB)