Inovasi dan Solusi Mahasiswa KKN Diharapkan Mampu Atasi Permasalahan Desa

KAPUAS, canalberita.com — Desa Tamban Luar, Kecamatan Bataguh, Kabupaten Kapuas, salah satu lokasi KKN Kebangsaan ke-10 Tahun 2022 yang menyimpan banyak potensi dari berbagai sektor khususnya pertanian. Hal itu diungkapkan langsung oleh Kepala desa (Kades) Tamban Luar Rahmadi, saat dibicangi peserta KKN Kebangsaan, Jumat 22 Juli 2022.

Kades Tamban Luar menyampaikan rasa bangga dan bersyukur desanya terpilih sebagai salah satu lokasi KKN Kebangsaan.

“Saya sangat bangga dan bersyukur serta merasa terhormat atas kedatangan mahasiswa yang terpilih dari berbagai universitas dari sabang sampai merauke untuk melaksanakan KKN Kebangsaan di desa kami,” kata Rahmadi.

Pada kesempatan itu Rahmadi juga menyampaikan permasalahannya masyarakat terkait gagal panen, akibat tanaman padi mereka rusak sebelum di panen.

“Kami sangat menantikan inovasi dan solusi untuk memecahkan permasalahan di desa Tamban luar, karena di desa ini banyak sekali padi yang rusak yang belum diketahui faktor apa yang menyebabkan kerusakan padi tersebut, tambahnya

Ia juga menyampaikan ketertarikannya untuk sama-sama menyukseskan terkait program kerja yang ditawarkan oleh mahasiswa KKN Kebangsaan.

“Tentunya program kerja yang ditawarkan oleh mahasiswa kebangsaan di desa Tamban luar seperti perikanan, peternakan, pertanian,perkebunan serta digilitasi desa, memiliki manfaat dan berguna bagi desa karena merupakan inovasi yang segar bagi desa agar menjadi desa yang maju,” ujarnya

Ia memiliki harapan yang besar kepada para peserta KKN Kebangsaan yang terdiri dari berbagai universitas seluruh Indonesia untuk memecahkan solusi atas berbagai permasalahan desa.

“Besar harapan saya dan masyarakat agar mahasiswa KKN Kebangsaan desa Tamban luar dapat memecahkan masalah dan memberikan solusi khususnya hasil pertanian dan menjadi desa yang maju, serta dapat menyatukan masyarakat dari berbagai etnis,” sambungnya

Ia pun menyampaikan terimakasih kepada seluruh mahasiswa peserta KKN Kebangsaan karena banyak program kerja yang ditawarkan untuk memajukan desa.

“Saya selalu Kades Tamban Luar berterima kasih terhadap pemerintah pusat karena telah mengutus mahasiswa terbaiknya dari berbagai universitas dan berbagai wilayah dari sabang sampai merauke untuk mengabdi di desa kami,” tutup Kades.

 

(BS/CNB)