Optimalkan Pelayanan RSUD Buntok Datangkan Dokter Residen dari Unhas

BUNTOK, Canal Berita — RSUD Jaraga Sasameh Buntok, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, mendatangkan dokter residen dari Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Sulawesi Selatan, untuk mengoptimalkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di wilayah setempat.

“Penambahan jumlah residen dokter spesialis ini untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” kata Direktur RSUD Jaraga Sasameh, dr Norman Wahyu di Buntok, Selasa 21 Juni 2022.

Menurut dia penambahan bidang pelayanan kesehatan yang dilakukan ini dalam upaya mengurangi angka rujukan pasien dari RSUD Jaraga Sasameh Buntok.

Kalau kita masih mampu, maka pelayanan kesehatan kepada masyarakat akan tetap dilayani di RSUD ini, dengan hadirnya beberapa residensi dokter spesialis dari Fakultas Kedokteran Unhas tersebut,” ucapnya.

Selain itu ia juga menyampaikan, kerja sama terkait spesialisasi dengan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin ini telah terjalin dengan pihaknya sejak 2018 dan tim visitasi telah beberapa kali berkunjung ke RSUD Jaraga Sasameh Buntok.

Dia mengatakan, RSUD Jaraga Sasameh Buntok akan terus membenahi baik dari sisi sumber daya manusia (SDM) maupun sarana prasarana, termasuk penambahan peralatan medis.

Hal itu dilakukan dalam upaya mengoptimalkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di kabupaten berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini,” jelasnya.

Norman juga mengharapkan dukungan dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten, supaya pelayanan kesehatan di RSUD Jaraga Sasameh Buntok terus meningkat sesuai harapan bersama.

Sementara itu, Sekretaris Manajer Program Pendidikan Dokter Spesialis Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin, Risna mengatakan, kerja sama dengan Pemkab Barito Selatan dan RSUD Jaraga Sasameh Buntok dalam hal penyediaan tenaga spesialis yang belum tersedia di rumah sakit.

Spesialis tersebut di antaranya spesialis kandungan, spesialis anak, jantung, anastesi, dan spesialis paru-paru,” kata Risna.

Untuk kerja sama kali ini, pihaknya akan mengirimkan residen atau dokter yang mengambil pendidikan dokter spesialis yang sudah berada di tingkat akhir yakni spesialis jantung, paru-paru dan anastesi.

Ia berharap, dengan dikirimnya dokter residen ini, pelayanan di RSUD Jaraga Sasameh Buntok kepada masyarakat di Barito Selatan bisa lebih optimal. Sedangkan visitasi yang dilakukan saat ini untuk melihat fasilitas yang tersedia di rumah sakit.

Alhamdulillah berdasarkan visitasi seperti di poli jantung, peralatannya sudah lengkap. Jadi kalau masyarakat ada keluhan penyakit jantung, silakan datang ke RSUD dan kalau memang tidak bisa ditangani di sini baru dirujuk ke Palangka Raya,” jelas dia.

Dikatakannya, visitasi yang dilakukan ini juga untuk mengetahui apakah kerja sama antara RSUD Jaraga Sasameh Buntok dengan pihaknya bisa dilanjutkan kembali.

Karena, apabila sudah ada dokter spesialis jantungnya di RSUD ini, kita tidak perlu lagi mengirim residen dokter spesialis jantung,” tambahnya.

Kecuali, kata Risna, seperti dokter spesialis kandungan yang ada saat ini kelelahan karena banyaknya pasien, sehingga rumah sakit mengirim surat kepada pihaknya untuk mendatangkan residen spesialis kandungan yang sudah senior ke RSUD Jaraga Sasameh Buntok ini. (BS/CNB)