Camat MB Ketapang Lantik Pj Kades Bangkuang Makmur

SAMPIT, Canal Berita — Tidak ingin menunggu lama untuk mengisi kekosongan jabatan Kepala Desa Bangkuang Makmur, setelah ditinggal Fitrianur yang mengundurkan diri sebagai Kepala Desa, Pemerintah Daerah Kotawaringin Timur (Kotim), kini meletakan jabatan sementara dengan melantik Penjabat (Pj) Kades yang dipercaya kepada Suyoto, Kasi ketentraman Kemasyarakatan Kecamatan Mentawa Baru Ketapang.

Pengucapan sumpah dan janji jabatan dipimpin langsung Camat Mentawa Baru Ketapang Eddy Hidayat, bertempat di halaman Kantor Desa Bangkuang Makmur, Kamis 16 Juni 2022.

Sesuai aturan kalau ada pergantian ditengah jalan baik mengundurkan diri, meninggal dunia serta lainnya maka kita akan siapkan Pj,” kata Eddy.

Kepada Pj Kades yang baru dilantik, Eddy berharap segera menjalankan tugas dan tanggung jawabnya, sebab jabatan sebagai Pj memiliki kewenangan yang sama dan tidak berbeda dengan definitif.

Sertijab biasanya beberapa hari setelah pelantikan, namun ada sistem keuangan desa yang terus berjalan, maka kita secepatnya melakukan pelantikan sekaligus sertijab. Kita tidak ingin proses pelayanan dan keuangan di desa ini terganggu,” jelasnya.

Dirinya meminta agar menyiapkan Pergantian Antar Waktu (PAW), yang mana dalam prosesnya nanti memberikan kesempatan pada warga untuk bisa jadi kades definitif.

Siapa pun boleh mencalonkan  asalkan sesuai ketentuan syarat yang berlaku. Sebab yang memilih bukan seluruh warga tapi keterwakilan. Pj Kades perlu dukungan warganya, sebab nantinya PAW yang melanjutkan sampai habis jabatan karena masih tersisa sekitar 3 tahun,” paparnya.

Eddy mengucapkan terimakasih kepada kades yang lama atas dedikasinya telah membangun desa bangkuang makmur.

Tetap sehat dan selalu membangun dalam memberikan sumbangsih pemikiran untuk Kotim. Kita harap jangan memutus tali silaturahmi disini,” ucapnya.

Kemudian kepada Pj dirinya yakin dengan pengalaman yang cukup mapan, bisa memberikan yang terbaik untuk kemajuan desa tiga bulan kedepan.

Namun saya mohon, kepada masyarakat Desa ini dapat memberikan dukungannya, karena tanpa dukungan pemerintahan desa tidak akan bisa menjalankan tugasnya dengan baik,” katanya.

Sedangkan kepada perangkat desa, Eddy menekankan agar selalu mendukung kepemimpinan Pj kades dalam menjalankan roda pemerintahan di desa Bangkuang Makmur. (BS/CNB)