Waspada Karhutla, Polsek Serteng Gencar Sosialisasi Larangan Membakar Lahan

CANALBERITA.COM – Meski belakangan ini terjadi hujan di wilayah Kabupaten Seruyan, jajaran Polsek Seruyan Tengah tetap gencar mensosialisasikan Maklumat Kapolda Kalteng tentang Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Pada Sabtu 7 Mei 2022 pagi, dua personel Polsek Seruyan Tengah, Bripka Suriono dan Briptu M Ilmi Sugiarta langsung mendatangi warga secara door to door yang berada di wilayah hukumnya untuk mengingatkan dalam membuka lahan agar jangan dibakar.

Kapolres Seruyan, AKBP Gatot Istanto melalui Kapolsek Seruyan Tengah, AKP GS Rahail menerangkan, dalam mengantisipasi Karhutla di wilayahnya pihak jemput bola dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat, terlebih di wilayah hukumnya notabene sebagai petani.

Tahapan Pilkada 2024

“Kita tahu sekarang ini masih terjadi hujan, namun kita tetap terus mensosialisasikan Maklumat Kapolda tentang pencegahan Karhutla. Selain memasang imbauan disejumlah lokasi rawan terjadi Karhutla, kita juga setiap hari menyampaikan kepada warga,” tuturnya.

Kegiatan itu bertujuan, masyarakat turut serta mengambil peranan dalam pencegahan terjadinya bencana Karhutla dengan tidak melakukan hal-hal yang bertentangan dengan pembakaran hutan dan lahan.

“Sehingga masyarakat sadar bahwa Karhutla bisa mengganggu aktivitas dan kesehatan. Kami sampaikan juga tindakan tersebut adalah melawan hukum dan dapat di pidana, sehingga kami sarankan jangan membakar lahan untuk membuka ladang,” tuturnya. (CNB1)