Penjabat Bupati Barsel Lantik 217 Pejabat Fungsional

BUNTOK, Canal Berita — Penjabat Bupati Barito Selatan (Barsel) Lisda Arryana S.Sos secara resmi melantik sebanyak 217 pejabat fungsional, lanjutan proses penyetaraan jabatan administrasi ke dalam jabatan fungsional yang dilaksanakan pada tanggal 31 Desember 2021 lalu. Acara tersebut dilaksanakan di aula Kantor Bupati Barsel, Senin 30 Mei 2022.

Lisda Arryana dalam sambutannya mengatakan, pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan yang dilaksanakan pada hari ini berdasarkan surat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Nomor: 800/3411/OTDA Tanggal 24 Mei 2022 perihal Persetujuan Penyetaraan Jabatan di Lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Barsel, dan surat dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah Nomor : 060/208/Bag.I/ORG Tanggal 27 Mei 2022 perihal Persetujuan Penyetaraan Jabatan di Lingkungan Pemda Kabupaten Barsel.

Dia menjelaskan, sasaran dari pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan fungsional yang dilaksanakan, pertma, pejabat administrasi yang terdampak penyederhanaan birokrasi setelah tanggal 31 Desember 2021 lalu tetapi belum mendapatkan validasi serta rekomendasi dari Kemendagri RI terkait penyetaraan jabatannya. Dengan batas waktu pelantikan dan pengangkatan jabatan fungsional hingga tanggal 30 Mei 2022.

Kedua pejabat administrasi, yang telah disetarakan ke dalam jabatan fungsional per tanggal 31 Desember 2021 lalu tetapi ingin menyesuaikan jabatan fungsional yang lainnya. “Karena pertimbangan kesesuaian kualifikasi, kompetensi unit kerjanya saat ini dengan batas waktu penyesuaian jabatan fungsional hingga tanggal 31 Desember 2022,” terangnya.

Menurutnya, pelaksanaan pelantikan dan pengambilan sumpah janji pejabat yang dilaksanakan hari ini telah melalui proses koordinasi dengan pihak Kemendagri RI dalam hal ini Ditjen Otda dan Pemprov Kalteng melalui Biro Organisasi Sekretariat Daerah Pemprov Kalteng.

Adapun usulan penyetaraan jabatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barsel ini berdasarkan, pertimbangan teknis dari Kemenpan dan RB berjumlah 217 jabatan. Untuk proses penyetaraan jabatan tahap I pada tanggal 31 Desember 2021, jabatan administrasi yang disetujui untuk disetarakan ke dalam jabatan fungsional oleh Kemendagri RI berjumlah 185 jabatan.

Dari 185 jabatan tersebut, Pemkab Barsel telah melantik sebanyak 176 jabatan adapun 1 jabatan pada Dinas Kesehatan (Dinkes) yang sudah disetujui penyetaraannya namun tidak dilantik karena pejabat terkait telah memasuki masa pensiun sehingga jabatannya lowong,” jelasnya.

Sedangkan untuk tahap II, lanjut Pj Barsel ini, yang dilantik pada hari ini berjumlah 48 jabatan dengan rincian 40 jabatan merupakan sisa dari 217 jabatan yang disetarakan di lingkungan Pemkab Barsel yang telah mendapatkan teknis Kemenpan dan RB tetapi belum mendapatkan validasi dan rekomendasi persetujuan pelantikan penyetaraan dari Kemendagri RI.

Serta delapan pejabat fungsional, hasil dari penyetaraan yang sudah dilantik per tanggal 31 Desember 2021 lalu tetapi melakukan penyesuaian jabatan fungsionalnya ke jabatan fungsional lain,” terangnya.

Kinerja pejabat dalam jabatan yang telah diamanahkan ini akan terus dipantau dan evaluasi serta harus camkan terus sumpah dan janji yang telah diucapkan pada hari ini. Lisda berharap tunjukan bahwa amanah yang telah saya berikan ini, adalah sebuah keputusan yang benar dan tepat ciptakan kreasi dan inovasi dalam melaksanakan tugas sebab tantangan kedepannya tidak semakin mudah justru semakin berat.

Sehingga membutuhkan terobosan-terobosan, dari aparatur yang ada oleh karena itu tingkatkan terus kompetensi kemampuan saudara-saudara agar tujuan organisasi dapat dicapai,” pungkas Lisda. (BS/CNB)