Hujan Deras, Jalan Penghubung Lemo ke Muara Teweh Longsor

canalberita.com — Jalan penghubung antara Desa Lemo, Kecamatan Teweh Tengah ke Kota Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah (Kalteng) mengalami longsor, tepatnya berada di dekat simpang keramat.

Bagi warga yang melintasi jalan diharapkan harus lebih waspada dan berhati-hati. Pasalnya jalan tersebut semakin sempit diduga akibat hujan deras sejak malam hingga siang tadi, Rabu 4 Mei 2022.

Berdasarkan pantauan sebagian badan jalan yang dapat dilewati oleh kendaraan roda dua maupun roda empat tinggal sebagian saja.

“Hati-hati bagi yang bepergian ke arah Lemo- Muara Teweh, maupun sebaliknya dikarenakan ada longsor di dekat simpang keramat, @info seputar lemo,” tulis rifqimustaqim239 dalam unggahan video.

Melalui video itu, ditulis untuk mengingatkan para warga yang menggunakan jalan tersebut baik dari arah Desa Lemo menuju Muara Teweh maupun sebaliknya, agar lebih berhati-hati melintasi lokasi itu.

Dikonfirmasi Kadis PUPR Barito Utara M. Iman Topik saat dihubungi via telepon mengatakan, pihaknya saat ini menurunkan tim untuk memasang pita pengaman di lokasi longsor.

“Saat ini kami sudah menurunkan tim, guna penandaan dengan garis pita pengaman sebagai upaya pemberitahuan bahwa jalan mengalami longsor, sambil dilakukan koordinasi dengan pemilik lahan untuk pembukaan jalur baru sebagai penanganan lebih lanjut,” ujar Topik.

Iman mengimbau kepada pengguna jalan agar lebih berhati-hati, karena kondisi jalan yang sangat sempit, selain itu rencananya jalan Lemo akan dilebarkan, seiring dibangun pembangunan jembatan Lemo guna memotong jarak tempuh antara Muara Teweh ke ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah, Palangka Raya.

(BS/CNB)