Urai Masalah PDAM Katingan dari Tunggakan Hingga Kinerja Pegawai PDAM

CANALBERITA.COM – Wakil Bupati Katingan, Sunardi N.T Litang memimpin rapat koordinasi dan pembahasan terkait permasalahan di Perusahaan Air Minum (PDAM) Katingan, Rabu, 6 Apri 2022.

Dalam rapat tersebut, terungkap berbagai permasalahan yang menyebabkan tidak maksimalnya kinerja salah satu Perusahan Daerah (Perusda) ini.

Terungkap selain perlunya penambahan sarana dan prasaran seperti mesin PDAM juga perlu dilakuan pemberian punishment maupun reward terhadap pegawai. Tujuannya yaitu agar dapat terus memacu karyawan meningkatkan kinerja.

Tahapan Pilkada 2024

Pegawai PDAM harus dibenahi dan diberikan arahan, hal utamanya adalah kualitas kinerja mereka di lapangan,” ungkap Sunardi saat memimpin di ruang Rapat Bupati Katingan, kemaren.

Kemudian masalah lainnya, ialah peningkatan pendapatan PAD. Dari laporan Direktur PDAM Adiansyah masih banyak tunggakan pelanggan.

Pihaknya, sempat melakukan terobusan pada tahun 2020 mengambil tindakan tegas kepada pelanggan yang memiliki tunggakan dengan cara memutus sambungan air bersih kurang lebih ke300 pelanggan sudah lama menunggak.

Memang terjadi pengurungan jumlah pelanggan, tapi saat itu pendapatan perusaahan tembus Rp.3.000.000.000 (Tig Ratus Juta) lebih saat itu. Kebijakan itu tidak lama mengiat kondisi Covid-19 meningkat saat itu. Jadi kami bertindak selain mengejar profit juga melihat sisi sosial masyarakat yang sedangan kesulitan ekonominya,” jelas Adiansyah.

Dirinya berharap di masa jabatanya yang kurang lebih tersisa 2 bulan ini, berbagai catatan yang diberikan dalam rapat tersebut bisa secepatnya diselesaikan. Sehingga Direktur yang baru nanti bisa bekerja lebih baik lagi.

Seperti diketahui Pemerintah Kabupaten Katingan telah membentuk Tim seleksi Calon Direktur PDAM yang baru, setelah sebelumnya Ardiansyah menyatakan diri untuk tidak melanjutkan. PPengambilan dokumen mulai dibuka sejak, Senin 21 Maret 2022 sampai dengan Kamis 31 Maret 2022. (BS/CNB)