Puluhan Desa di Kotim Masih Belum Teraliri Listrik

CANALBERITA.COM – Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor menyebutkan, masih ada puluhan desa hingga sekarang belum ada jaringan listrik. Padahal, di wilayah Kotim ini sudah ada investor perkebunan kelapa sawit yang dianggap mampu membantu untuk menjadikan desa terang.

Di Kotim ini masih ada 47 desa yang belum ada jaringan listrik. Kalau hari ini ada 2 desa (Simpur dan Soren) yang sudah dibangun jaringan listrik, berarti sisanya 45 desa lagi,” ucap Halikin pada saat memberikan sambutan peresmian pembangunan jaringan listrik Desa Simpur dan Desa Soren, Selasa 15 Maret 2022.

Untuk sementara, lanjutnya, masyarakat masih mengandalkan generator set (genset) maupun solar cell (panel surya). Akan tetapi, menurutnya, hal itu tidak mungkin bisa selamanya digunakan karena saat ini sudah zaman teknologi.

Tahapan Pilkada 2024

Kami akan berupaya untuk memperjuangkan supaya 45 desa itu paling lambat 2024 semua sudah teraliri listrik,” janjinya dihadapan yang hadir pada saat peresmian pembangunan jaringan listrik di Desa Simpur.

Halikin menyebutkan, desa yang belum ada jaringan listrik tidak hanya di wilayah Kecamatan Kota Besi bahkan sampai ke Kecamatan Telaga Antang dan Bukit Santuai.

Hal ini tentunya akan menjadi perhatian serius bagi mantan Sekda Kotim bagaimana mengupayakan supaya janjinya hingga 2024 mendatang bisa terealisasi. Sebab, listrik ini merupakan salah satu program kepemimpinan pasangan Halikinnor-Irawati (HARATI) untuk menjadikan Kotim Terang.

Saya instruksikan untuk Asisten I untuk mengawal program ini, jangan sampai gagal. Tahun 2024 semua desa sudah teraliri listrik,” tegasnya. (BS/CNB)