Minyak Goreng Tidak Langka Lagi Tapi Harganya Mencekik

CANALBERITA.COM – Minyak goreng yang sebelumnya langka di pasaran, bahkan di supermarket juga turut sulit didapatkan, kini seketika tidak langka lagi ketika subsidinya ditarik kembali oleh Pemerintah Pusat.

Selain itu, harganya juga sangat mencekik yang membuat para pedagang pengecer maupun masyarakat menjerit, karena seketika juga harga minyak goreng melejit.

Saat kemarin pemerintah menarik subsidi minyak goreng, tiba-tiba hari ini seluruh merek minyak goreng banjir di pasaran. Namun yang membuat kita pedagang semua menjerit, harganya tak masuk akal, sangat tinggi sekali kenaikannya,”kata Hj. Maria, salah seorang pedagang di Pusat Perbelanjaan Mentaya (PPM) Sampit, Kamis 17 Maret 2022.

Tahapan Pilkada 2024

Untuk minyak goreng dengan kemasan bantalan seperti jenis MM yang sebelumnya dijual Rp 14 ribu perliter, kini menjadi Rp 22 ribu perliter.

Yang tidak masuk akal minyak curah,  harganya Rp 23 ribu – Rp 24 ribu perliter. Karena di agennya sana harganya sudah tinggi dikisaran Rp 22 ribu perliter. Sama juga dengan minyak MM kita beli di agen harganya Rp 21 ribu perliter,” ungkapnya.

Dengan melonjaknya harga minyak goreng ini, apa lagi mendekati bulan ramadan. Para pedagang berharap pemerintah cepat mengambil tindakan, karena kenaikan harga yang dilakukan pihak agen maupun distributor sangat tidak wajar.

Ini sangat memberikan sekali bagi kami pedagang dan juga masyarakat. Kami minta pemerintah daerah jangan diam melihat kenaikan yang tak masuk akal ini,” pungkasnya. (BS/CNB)