Car Free Day Segera Dibuka, Pedagang Diwajibkan Sudah di Vaksin

CANALBERITA.COM – Dalam rangka meningkatkan kesehatan dan kebugaran jasmani bagi ASN, Pemerintah Provinsi Kalteng melaksanakan senam bersama. Senam bersama diikuti oleh Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo, Pj Sekda Provinsi Kalteng Nuryakin, serta Pejabat Eselon II dan III seluruh Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalteng.

Senam bersama ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) yang ketat di Halaman Rujab Gubernur Kalteng, Jumat 11 Maret 2022. Edy Pratowo saat ditemui seusai senam bersama menyampaikan, harus tetap melaksanakan olahraga rutin seperti biasa untuk meningkatkan imunitas tubuh di tengah pandemi Covid-19.

“Saya mengajak Kepala PD dan jajarannya untuk bisa berolahraga bersama. Seiring dengan kebijakan pemerintah pusat berkenaan dengan pandemi Covid-19, ada kelonggaran jadi kita isi dengan kegiatan berolahraga,” ucapnya.

Tahapan Pilkada 2024

Pada kesempatan ini Edy juga menginformasikan kepada Kepala PD bahwa Car Free Day akan dibuka kembali. Dengan catatan berada di lingkungan luar/terbuka. Edy ingin memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk tetap berolahraga dalam keadaan sehat.

“Jika nanti Car Free Day dibuka, saya mohon untuk tetap memakai masker. Karena bagaimanapun prokes harus kita jaga,” pungkasnya.

Disisi lain Pj Sekda Kalteng Nuryakin mengatakan, bahwa Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, meminta di tengah pandemi ini perekonomian harus bergerak. Alasan Car Free Day itu dibuka karena di sana terdapat kegiatan ekonomi/UMKM. Syarat yang harus dipenuhi untuk para pelaku UMKM minimal sudah vaksin dosis kedua.

“Jadi yang boleh menggelar jualan/dagangannya harus sudah vaksin 2 kali dan kita akan siapkan di tempat Car Free Day kalau ada yang belum vaksin 2 kali. Atau yang mau booster silahkan nanti kita atur,” jelasnya.

Nuryakin menginginkan ekonomi masyarakat di Palangka Raya khususnya sudah harus bergerak. Sesuai dengan petunjuk Gubernur seluruh kabupaten/kota se-Kalteng harus mulai membuka kegiatan Car Free Day.

Untuk itu, Nuryakin meminta kepada dinas/instansi terkait untuk mempersiapkan kegiatan Car Free Day tersebut.

“Nanti hari minggu kita buka car free day, dan kita atur bersama dengan teman-teman kota Palangka Raya. Lapak-lapak mana yang bisa dibuka tapi jangan berkerumun. Jadi kita ingin menyambut kegiatan omicron seperti New Normal tetapi dengan prokes ketat,” tandasnya. (CNB/*)