Perusahaan Besar Swasta Diminta Lengkapi Peralatan Karhutla

CANALBERITA.COM – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan Zuli Eko Prasetyo meminta kepada seluruh Perusahaan Besar Swasta (PBS) yang beroperasi di Bumi Gawi Hatantiring dapat melengkapi peralatan untuk mengantisipasi dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah masing-masing.

Saya meminta kepada seluruh PBS agar perlengkapan untuk antisipasi dan penanggulangan karhutla itu agar betul-betul disiapkan,” kata Ketua DPRD Seruyan, Kamis, 3 Februari 2022.

Eko mengungkapkan, dalam rangka antisipasi bencana tersebut tentu segala sesuatu harus sudah dipersiapkan sejak jauh-jauh hari agar pada saatnya nanti bisa dicegah atau diminimalisir.

Lebih lanjut, dikatakannya, dalam penaganan karhutla ini bukan hanya dari pemerintah daerah saja yang perlu mempersiapkannya, akan tetapi PBS yang beroperasi di Seruyan juga harus berperan dalam rangka antisipasi dan penanggulangan bencana ini.

Khususnya apabila memang ada karhutla yang terjadi di sekitar areal perusahaan, maka mereka harus sigap untuk menindaklanjutinya.

Kita antisipasi dulu, alat pemadam kebakaran harap disiapkan, Sumber Daya Manusia (SDM) atau personilnya, begitu pula dengan sumber airnya, jadi kalau ada kebakaran bisa langsung bertindak cepat,” ungkapnya. (BS/CNB)