AKBP Bayu Wicaksono Sampaikan Waspada Terhadap Tindakan Kejahatan

CANALBERITA.COM – Hari pertama Kapolres Kobar AKBP Bayu Wicaksono, didampingi Kasat Reskrim dan Kasat Narkoba, menggelar ‘Press Release’ di halaman Mapolres Kobar Rabu, 23 Februari 2022.

Dari semua kasus yang diekposenya, pengamatan beritasampit.co.id, Kapolres banyak menekankan kepada warga masyarakat untuk selalu waspada, menghadapi fenomena kejahatan disaat maraknya berbagai intrik/tipu daya/melalui internet.

Menurut Kapolres, dari sekian banyak kasus aksi kejahatan yang telah berhasil digulung Polisi, yang diekspos dalam ‘Press Realiease’ seperti kasus Narkoba, Penipuan/Penggelapan Uang Arisan Bodong sampai kepada Tindak Pidana Asusila, awalnya berkat laporan dari masyarakat.

Tahapan Pilkada 2024

Untuk melakukan berbagai tindakan kejahatan, kami dari jajaran Polri tidak bisa berbuat banyak, kalau tanpa bantuan dari masyarakat termasuk juga bantuan dari para wartawan. Maka dari itu bantuan dari warga masyarakat juga dari pers harus terus ditingkatkan,“ ujar Kapolres.

Dalam kasus tindak pidana Asusila dibawah umur, Kapolres mewanti-wanti kepada semua orang tua, harus meningkatkan kewaspadaannya dalam menjaga anak-anaknya.

Kita jangan lengah, karena dilingkungan kita juga kita harus tetap waspada. Misal ada seseorang laki-laki pemuda atau setengah baya yang saat main dengan anak-anak nampak baik. Tapi ketika kita (orang tuanya) lengah, anak kita jadi korban Asusila,” ungkap Kapolres.

Kapolres juga mengajak kepada media untuk membuka kolom khusus tentang Media ‘Anak-Anak’. Misal tentang proses pembelajaran dan mengajar, juga penyaluran pesan tentang pengawasan sehari-hari kepada anak-anak.

Kemudian Kapolres juga, menghimbau kepada warga masyarakat jangan sampai tergoda oleh iming-iming jumlah uang yang banyak, yang didapat melalui internet.

Kepada siapapun kita harus waspada, kalau ada yang mengajak bisa mendapat uang banyak melalui arisan internet, harus hati-hati kita kroscek dulu kebenarannya. Walaupun memang benar, lebih baik jangan diikuti,” imbau Kapolres, seraya menambahkan, bahwa mulai saat ini Jaran Polres Kotawaringin Barat siap akan meningkatkan kerjasasama dengan seluruh tokoh masyarakat dan elemen masyarakat agar ketertiban dan keamanan di Kabupaten Kobar semakin kondusif. (BS/CNB)