Terapkan Perpustakaan keliling untuk Tingkatkan Minat Baca

CANALBERITA.COM – Pemerintah provinsi Kalimantan Tengah malalui Dinas Perpustakaan dan Arsip akan menerapkan kembali program perpustakaan keliling dan mengatifkan pojok baca digital untuk meningkatkan minat baca masyarakat.

Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kalteng, Luqman Al Hakim, menyampaikan, terkait pandemi yang saat ini sudah mulai berkurang, pihaknya akan melaksanakan beberapa program untuk menarik minat baca yang rencananya akan mengaktifkan kembali perpustakaan keliling untuk memudahkan daerah-daerah mendapatkan berbagai buku bahan bacaan

Selanjutnya mengaktifkan pojok baca digital yang ada di Kantor Gubernur Kalteng, yang bisa kita gunakan untuk memancing anak-anak dan remaja, untuk mengenalkan kepada mereka membaca dari awal,” kata ucap Luqman Al Hakim, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa 11 Januari 2022

Diterangkan, pihaknya juga akan mengajak anak-anak sekolah dan para guru untuk gemar membaca dan menulis buku yang selanjutnya menjadi sebuah karya.

Terkait program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial, lanjut Luqman, peran perpustakaan di daerah dan desa akan ditingkatkan untuk bertrasformasi menjadi sumber informasi dan ilmu pengetahuan khususnya dalam meningkatkan keterampilan masyarakat di desa.

Selanjutnya terkait peningkatan peran perpustakaan sekolah, kita akan melakukan kolaborasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng, untuk memfungsikan perpustakaan sekolah lebih optimal lagi. Selain itu meningkatkan peran perpustakaan sekolah dalam rangka memberikan informasi khususnya dalam mendukung siswa-siswanya di SMK dalam memperoleh peluang kerja,” pungkasnya. (BS/CNB)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.