Kedatangan Kombes Budi Santosa Disambut Tradisi Potong Pantan dan Pedang Pora

CANALBERITA.COM – Kedatangan Kombes Pol Budi Santosa di Mako Polresta Palangka Raya disambut dengan tradisi Dayak, bertupa tarian dan potong pantan ketika ingin memasuki gerbang, Selasa 4 Januari 2022 pagi.

Kombes Pol Budi Santosa resmi menjabat sebagai Kapolresta Palangka Raya setelah menggantikan Kombes Pol Sandi Alfadien Mustofa.

Selain disambut tradisi Dayak, tradisi Pedang Pora menyambut iringan kedatangan Kapolresta Palangka Raya beserta istri turun dilakukan oleh seluruh personel.

Acara pun kembali dilanjutkan dengan ramah tamah di Loby Mapolresta Palangka Raya dan dilanjutkan dengan rapat seluruh Satker.

Pukul 14.00 WIB, acara kembali dilanjutkan dengan Farewell dan pelapas kapolresta Lama Kombes Sandi Alfadien Mustofa bersama istri.

Kabag SDM Polrtesta Palangka Raya, AKP Uni Subiyanti mengatakan, tradisi tersebut merupakan upacara adat penyambutan yang lazim dilakukan secara turun temurun oleh suku Dayak Ngaju yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah.

“Tradisi ini digelar dalam rangka menyambut kedatangan Kombes Pol Budi Santosa yang telah resmi menjabat sebagai Kapolresta Palangka Raya yang baru,” beber Uni.

Ditempat terpisah, Kombes Sandi menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh personel dan masyarakat Kota Palangka Raya yang selalu mendukung kinerja Polri untuk menciptakan kamtibmas di Kota Palangka Raya.

“Saya juga mengucapkan bantak terima kasih kepada masyarakat yang selalu mendukung langkah Polri dalam menciptakan kamtibmas yang kondusif di Kota Palangka Raya. Saya juga memohon maaf apabila ada salah selama bertugas, karena tidak ada manusia yang sempurna,” cetusnya. (CNB1)