Serangan Akhir Tahun, Tiga Teroris Ingin Merekrut Pemuda Sampit

CANALBERITA.COM – Tiga teroris yang ditangkap oleh Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri dibackup Satbrimob Polda Kalteng pada Selasa 21 Desember 2021 pukul 22.00 WIB, merupakan warga Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Hal tersebut disampaikan oleh Kabidhumas Polda Kalteng, Kombes Pol K Eko Saputro.

Menurut Eko, tiga pelaku ini berangkat ke Kalimantan Tengah, Palangka Raya dan Sampit untuk mencari atau merekrut pemuda-pemuda melalui jejaring media sosial seperti grup whatsapp, facebook dan lainnya untuk bergabung.

“Tujunnya yaitu merekrut pemuda-pemuda di Kalimantan Tengah untuk bergabung, sehingga mendapat dukungan melancarkan aksi pada Natal dan Tahun Baru 2022,” ucap K Eko Saputro saat diwawancara sejumlah awak media di Mapolda Kalteng, Kamis 23 Desember 2021.

Ia menjelaskan, penangkapan tersebut atas laporan masyarakat dan hasil intelijen Negara bahwa Kalteng dimasuki tiga orang terduga teroris yang ingin melakukan penyerangan.

“Benar tiga orang yang ditangkap, dua orang di Kota Sampit dan satu orang di Palangka Raya. Yang ditangkap di Palangka Raya itu rencananya ingin pulang ke Banjarmasin namun keduluan ditangkap oleh Densus 88 Antiteror Polri dibantu Satbrimob Polda Kalteng, mereka bertiga ini warga Banjarmasin (Kalimantan Selatan),” sebut perwira melati tiga dipundak ini.

Kabidhumas juga berpesan, agar masyarakat turut berpatisipasi untuk mengamankan wilayah masing-masing dengan melaporkan jika ada mencurigakan sekitar tempat tinggal masing-masing.

“Mari kita jaga kamtibmas di Kalimantan Tengah agar aman dan kondusif, sehingga tidak ada terduga atau pelaku teroris masuk ke Bumi Tambun Bungai ini,” tutupnya. (CNB1)