Palembang Rawan Banjir karena Kebiasaan Buruk Warga Sembarangan Buang Sampah

canalberita.com — Banjir yang kerap terjadi di Kota Palembang sebagian besar bukan karena luapan air sungai akan tetapi saluran air tersumbat sampah. Masyarakat masih terbiasa buang sampah ke saluran pembuangan air.

“Tapi disebabkan oleh kebiasaan masyarakat yang membuang sampah sembarangan ke saluran pembuangan air sehingga aliran air tersumbat dan menggenangi wilayah di kota ini yang notabene rendah,” kata Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera (BBWSS) Wilayah VIII Palembang Maryadi, Kamis (14/10/2021).

Berdasarkan pantauan yang dilakukan pihaknya, tidak ditemukan adanya aliran sungai yang meluap di titik-titik tergenangi air hingga menjadi banjir.

“Kalau banjir itu memang ada luapan dari sungai. Tapi sementara dari pantauan kami tidak ada sungai yang meluap. Semuanya masih dalam kondisi normal saat hujan deras,” ujarnya.

Dalam operasi pembersihan yang dilakukan bersama dengan otoritas terkait, lanjutnya, didapati saluran air di Palembang tersumbat oleh berbagai limbah sampah, di antaranya sampah plastik rumah tangga dan bahkan ada rangkaian kabel-kabel listrik.

“Mulai dari sampah plastik, ada juga sampah kabel. Nah, inilah yang sudah harus dikampanyekan masyarakat. Jangan lagi buang sampah di saluran air maupun sungai,” katanya.

Pihaknya sudah menggandeng puluhan komunitas peduli sungai untuk memulai kampanye bersih sungai dan saluran air di beberapa titik Kota Palembang.

iNEWS