Kapolsek Seruyan Ingatkan Masyarakat Selalu Waspada Cuaca Ekstrim

CANALBERITA.COM – Memastikan debit air Sungai Seruyan standar aman, Kapolsek Seruyan Tengah Iptu GS Rahail SH langsung turun memimpin pengecekan ketinggian air.

Kapolsek Seruyan Tengah bersama dua anggotanya Bripka Suwoto SIP dan Bripka Rahcmad Siberani turun ke Dermaga di Kelurahan Rantau Pulut, Kecamatan Seruyan Tengah, Kabupaten Seruyan pada Sabtu 2 Oktober 2021 pukul 08.10 WIB.

Rahail menyampaikan, tujuan yang mereka lakukan tersebut adalah untuk monitoring sekaligus menyampaikan imbauan antisipasi bencana alam seperti banjir dan tanah longsor.

“Kita tahu bersama belakangan ini sering terjadi hujan dengan curah tinggi, saya pun meminta masyarakat untuk selalu waspada pada saat terjadi hujan turun dan cuaca ekstrim, khususnya yang tinggal di bantaran sungai,” ucap pria pangkat dua balok emas di pundak ini.

Ditambahkan mantan Kapolsek Gunung Bintang Awai ini, sekarang ini ada dua desa yang sudah mulai terjadi banjir yaitu di Desa Ayawan dengan ketinggian 30 cm dan Rantau Pulut RT 10 khususnya di jembatan dan jalan ketinggian air 20 cm.

“Kita sudah memasang spanduk dimana-mana imbauan, namun kami dari Polsek Seruyan Tengah tidak pernah bosan turun langsung memberikan imbaun kepada masyarakat untuk selalu waspada,” ungkapnya.

Selain imbauan untuk waspada, kata Rahail, mereka juga mengajak masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan karena akan menghambat saluran air yang dapat mengakibatkan banjir.

“Semangat gotong royong selalu kita tanamkan, apabila ada saluran drainase tersumbang agar secepatnya diperbaiki. Hasil pemeriksaan tadi debit air mengalami kenaikan 50 cm akibat curah cukup tinggi belakangan ini,” tukasnya.

(CNB1)