Jawa Barat Puncaki Klasemen PON XX Papua, Salip DKI Jakarta

CANALBERITA.COM – Provinsi Jawa Barat menduduki puncak klasemen sementara perolehan medali Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 usai salip DKI Jakarta dan Papua.
Berdasarkan situs resmi KONI Jabar pada Kamis 7 Oktober 2021, pukul 19:50 WIB, Jabar mendapatkan 166 medali. Rinciannya, 55 medali emas, 53 perak, dan 58 perunggu.
Sementara Jawa Timur yang berada di posisi dua perolehan medali mengemas 55 medali emas, 40 perak, dan 38 perunggu. Sedangkan DKI Jakarta yang menempati peringkat ketiga mengoleksi 54 medali emas, 42 perak, dan 51 perunggu.
Cabang olahraga Taekwondo menyumbang 9 emas bagi Jabar. Perolehan itu melebihi target yang sudah ditetapkan, yakni 7 emas. Selain itu, cabor Dayung, Menembak, Judo, Selam, Aerosport-Gantole, Wushu, Muaythai, dan Selam, meraih lebih dari 1 medali emas.
Sebanyak 56 cabor dipertandingkan di empat daerah yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke. PON XX Papua 2021 berlangsung pada 2-15 Oktober 2021. Stadion Lukas Enembe menjadi lokasi utama penyelenggaraan edisi ini, baik upacara pembukaan maupun penutupan.

Klasemen PON Papua XX (foto: games.ponxx2021papua.com)


Sebelumnya, Ketua Umum KONI Jabar Ahmad Saefudin optimistis kontingen PON Jabar dapat pulang sebagai juara umum. KONI Jabar sendiri sudah memetakan dan melihat dari depan cabang olahraga yang berpotensi mendulang banyak emas. Salah satunya adalah dayung dan bela diri.
“Target minimal juara umum itu 20 persen dari medali yang dipertandingkan. Kalau 20 persen itu, 137 emas. Tapi, paling aman itu di angka 21 persen atau 147 emas. Kalau lihat dinamika, perolehan tersebut yang cukup aman,” kata Ahmad dalam Podcast Juara (Jabarprov Bersuara), Jumat 8 Oktober 2021.
“Cabor yang diunggulkan, pertama itu jelas bela diri. Bela diri itu ada 11 cabor. Insya Allah sangat terukur. Mudah-mudahan kita bisa merebut 70 persen dari semua medali yang dipertandingkan,” katanya.
Selain 11 cabor bela diri, kata Ahmad, kontingen PON Jabar berpotensi mendapat banyak emas di cabor dayung, menembak, dan panahan. Meski target dan peta potensi emas sudah dibuat dengan maksimal, ia meminta kontingen PON Jabar dapat mengatasi tekanan dan dinamika selama gelaran PON XX Papua 2021.
Kontingen Provinsi Jabar sendiri akan mengikuti 37 cabang olahraga dengan jumlah kontingen 1.239 orang, terdiri dari 770 orang atlet dan 394 orang manager dan ofisial. 

(sumber: viva.co.id)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.